PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA

Susanti, Hermina (2024) PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Hermina Susanti.pdf] Text
Hermina Susanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

HERMINA SUSANTI. 2024. “Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Iklim Organisasi,
dan Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Di
Kecamatan Todanan Kabupaten Blora”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Ghufron Abdullah,
M.Pd; (2) Dr. Sudjono, M.Si.
Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan Mutu Pendidikan SD di Kecamatan
Todanan yaitu adanya sebagian output pendidikan kurang maksimal terutama dalam
kemampuan numerasi. Masalah peran kepala sekolah adalah sebagian kepala sekolah
belum maksimal dalam perannya sebagai educator, administrator, dan supervisor.
Ditemukan pula sebagian guru kurang beradaptasi terhadap iklim organisasi di sekolah.
Selain itu profesionalisme sebagian guru belum maksimal dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dilaksanakan penelitian analisis pengaruh Peran
Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Profesionalisme Guru terhadap Mutu Pendidikan
SD Negeri di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh peran kepala
sekolah terhadap Mutu Pendidikan, (2) pengaruh Iklim Organisasi terhadap Mutu
Pendidikan, (3) pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Mutu Pendidikan, dan (4)
pengaruh peran kepala sekolah, Iklim Organisasi dan Profesionalisme Guru secara simultan
terhadap Mutu Pendidikan
Populasi 301 orang, sampel sebanyak 172 orang guru. Uji instrumen yang digunakan
adalah uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji
linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan uji
regresi linier berganda, uji F (ANOVA) dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Peran kepala
sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Mutu Pendidikan. Hal ini berdasar
hasil Uji t positif, terbukti hasil t1 hitung 8,180 < t tabel 1,653; (2) Iklim Organisasi
berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan. Hal ini berdasar hasil Uji T positif,
terbukti hasil t2 hitung -2,122 > t tabel 1,653; (3) Peran Profesionalisme Guru sekolah
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Mutu Pendidikan. Hal ini berdasar hasil Uji T
positif, terbukti hasil t3 hitung 3,059 > t tabel 1,653, (4) Pengaruh peran kepala sekolah dan
Profesionalisme Guru sekolah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Mutu Pendidikan. Hal ini berdasar hasil Uji F positif, terbukti nilai nilai F hitung > F tabel
(30,696 > 2,66) .
Saran yang diajukan peneliti adalah: (1) Dinas pendidikan perlu meningkatkan
berbagai kegiatan peningkatan mutu pendidikan khususnya untuk peningkatan output
pembelajaran (numerasi) (2) Bagi kepala sekolah, agar meningkatkan peran kepala
sekolah sebagai stimulasi intelektual dengan menciptakan ide-ide baru untuk kemajuan
sekolah serta mendorong guru aktif dalam berbagai kegiatan/pelatihan.
Kata kunci: peran kepala sekolah, Iklim Organisasi, Profesionalisme Guru, Mutu
Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:36
Last Modified: 12 Jun 2024 04:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3928

Actions (login required)

View Item
View Item