RETNONINGSIH, AYU (2024) ANALISIS NILAI KARAKTER FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN DALAM PENANAMAN KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SD N TEMPERAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AYU RETNONINGSIH 17120342.compressed.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
AYU RETNONINGSIH. NPM 17120342. “Analisis Nilai Karakter Film Animasi
Upin dan Ipin dalam Penanaman Karakter Pada Siswa Kelas IV SD N Temperak”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2024
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penanaman nilai
karakter pada anak sangat penting untuk membentuk anak agar memiliki karakter
yang baik sehingga dapat menjadi penerus generasi bangsa yang selain cerdas juga
berkarakter. Seiring berkembangnya teknologi sekarang ini, media massa
mengambil peranan penting dalam perkembangan karakter anak. Film animasi upin
ipin adalah salah satu tayangan yang diperuntukkan untuk anak-anak dan digemari
oleh anak-anak usia sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa saja nilai karakter pada
film animasi Upin dan Ipin episode Buku Nota Jarjit?” dan “Bagaimana pengaruh
film animasi Upin dan Ipin dalam penanaman karakter siswa kelas IV SD N
Temperak?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai karakter yang
terdapat pada film animasi Upin dan Ipin episode Buku Nota Jarjit dan untuk
mengetahui pengaruh film animasi Upin dan Ipin dalam penanaman karakter siswa
kelas IV SD N Temperak.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatifdengan pengumpulan data
dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Metode ini
dilakukan dengan tujuan agar dapat mendeskripsikan dan memaparkan nilai
karakter yang terdapat pada film animasi Upin dan Ipin dan pengaruhnya terhadap
penanaman karakter siswa sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa film animasi Upin dan Ipin episode “Buku
Nota Jarjit” memiliki lima nilai karakter didalamnya yaitu disiplin, peduli sosial,
bersahabat, tanggung jawab dan kerja keras. Film animasi Upin dan Ipin
berpengaruh baik terhadap penanaman nilai-nilai karakter pada siswa kelas IV SD
N Temperak, siswa mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam film animasi
Upin dan Ipin episode “Buku Nota Jarjit” dalam kegiatan sehari-hari.
Bersadarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah agar film
animasi Upin dan Ipin dapat dijadikan sebagai salah satu sarana atau media guru
dalam penanaman nilai-nilai karakter pada siswa karena film animasi Upin dan Ipin
mengandung nilai-nilai karakter yang baik untuk ditiru siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 04:15 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 04:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3926 |