ANALISIS KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI ANAK 4-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

PRAYOGA, DWITYA ANUNG (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI ANAK 4-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dwitya Anung Prayoga_20150028.pdf] Text
Dwitya Anung Prayoga_20150028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

DWITYA ANUNG PRAYOGA, NPM 20150028. “Analisis Kemampuan
Pengelolaan Emosi Anak 4-6 Tahun Melalui Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)”. Skripsi. Progam Studi
Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah sebagian besar anak-
anak mengalami kesulitan dalam mengelola emosionalnya. Hal ini terlihat ketika:
1) Anak bersifat agresif seperti marah, merampas atau membuang mainan. 2)
Selama pembelajaran atau di luar jam pembelajaran terkadang anak berbicara
dengan nada tinggi, untuk berusaha mendapatkan perhatian guru-guru atau teman-
temannya.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan wali murid. Subjek
penelitian sebanyak 16 orang. Teknik keabsahan data menggunakan derajat
kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model kooperatif tipe STAD
dapat membantu kemampuan pengelolaan emosi anak 5-6 tahun di TK IT Ulul
Albab. Melalui pembelajaran tipe STAD aktifitas belajar siswa menjadi lebih aktif
dan kondusif, mengajarkan siswa dalam menghargai perbedaan, saling bertukar
pikiran, saling tolong menolong, membangun rasa empati, bertanggung jawab
membereskan alat-alat permainan yang digunakan, dan menjadi tutor antar teman
sebaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan kemampuan
pengelolaan emosi anak sangat penting untuk diajarkan kepada peserta didik guna
membantu dalam menghadapi tantangan kehidupan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran kooperatif tipe STAD data digunakan sebagai salah
satu media alternatif bagi guru dalam mengajar.
Kata kunci: Pengelolaan Emosi; Anak Usia Dini; Kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:55
Last Modified: 12 Jun 2024 02:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

View Item
View Item