WAHYUNINGSIH, DWI (2024) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI GEJUGAN KECAMATAN ANDONG BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DWI WAHYUNINGSIH 20156059.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dwi Wahyuningsih, “ Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus
Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok A Di Tk Pertiwi Gejugan
Kecamatan Andong Boyolali “. Skripsi fakultas ilmu Pendidikan universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd, Dosen
Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H., S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan motorik
halus pada anak masih menemui masalah atau rendah. Anak-anak dalam
memegang pensil tangan masih terlihat kaku dan anak belum mampu membuat
garis vertikal, horizontal, lengkung kiri atau kanan, miring kiri atau kanan dan
lingkaran. Dari 10 anak di kelompok A sebanyak 3 anak mempunyai
kemampuan motorik halus yang berkembang optimal sedangkan 7 anak
kemampuan motorik halusnya masih rendah.
Berdasarkan permasalahan tersebut, Peneliti tertarik untuk menerapkan
kegiatan finger painting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak,
karna melalui kegiatan finger painting jari-jari anak akan bergerak dan bergesekan
dengan cat pewarna.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan finger
painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak di TK Pertiwi
Gejugan Andong Boyolali. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan finger painting di TK
Pertiwi Gejugan Andong Boyolali.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas
rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu:
perecanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
anak kelompok A di TK Pertiwi Gejugan yang terdiri dari 7 anak laki laki dan 3
anak perempuan. Penelitian ini diperoleh dengan Teknik analisis deskriptif yang
bersifat kualitatif.
Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian menunjukan
adanya peningkatan pada motorik halus dengan pengunaan kegiatan finger
painting peningkatan tersebut yaitu siklus 1 mecapai 30%, pada siklus 2
mencapai 80% kesimpulan dari penelitian ini dengan finger painting dapat
meningkatkan kemampuan motorik halus kelompok A di TK Pertiwi Gejugan.
Berdasarkan hasil penelitia yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi guru,
hendaknya lebih kreatif dan aktif dalam menarik minat anak untuk mengikuti
kegiatan pembelajaran, bagi sekolah sebaiknya menyediakan prasarana dan sarana
yang dibutuhkan dan bagi orang tua hendaknya memahami kebutuhan anak
dengan segala kekurangan dan kelebihannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 02:49 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 02:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3915 |