PENERAPAN MEDIA PICTURE PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SINOPSIS TEKS CERITA BIMA BUNGKUS SISWA KELAS X SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2023-2024

SAFITRI, NIDA RIZKI (2023) PENERAPAN MEDIA PICTURE PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SINOPSIS TEKS CERITA BIMA BUNGKUS SISWA KELAS X SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2023-2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NIDA RIZKI SAFITRI 18430022.pdf] Text
NIDA RIZKI SAFITRI 18430022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nida Rizki Safitri. “Penerapan Media Picture Puzzle dalam Pembelajaran
Menulis Sinopsis Teks Cerita Bima Bungkus Siswa Kelas X SMA Islam Sudirman
Ambarawa Tahun 2023-2024”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Yuli kurniati Werdiningsih, S.S.,
M.A. Pembimbing II Dr. Sunarya, M.Hum.2023.
Kata Kunci: Media Picture Puzzle, pembelajaran menulis sinopsis, Bima
Bungkus.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan media
Picture Puzzle dalam pembelajaran menulis sinopsis teks cerita Bima Bungkus
siswa kelas X SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun ajaran 2023/2024. Hal
tersebut dilatar belakangi oleh kurang minatnya siswa dalam pembelajaran
menulis sinopsis teks cerita Bima Bungkus pada siswa kelas X. Beberapa kesulitan
yang dialami oleh siswa, antara lain kesulitannya siswa dalam mencerna bahasa
Jawa, memahami isi cerita berbahasa jawa, dan kurangnya pemahaman akan
menulis sinopsis yang benar. Selain itu, media pembelajarannya yang belum
berkembang atau saat proses belajar siswa hanya berpacu pada buku paket saja.
Hal ini yang menyebabkan kurangnya antusias peserta didik dalam proses
pembelajaran di kelas. Dengan begitu, rumusan masalah yang diperoleh yaitu
bagaimana hasil penerapan media Picture Puzzle dalam pembelajaran menulis
sinopsis teks cerita Bima Bungkus.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen karena data yang
diperoleh digunakan untuk mengetahui pengaruh sebuah media terhadap
kemapuan peserta didik yang telah ditentukan. Adapun pendekatan yang
digunakan yaitu kuantitatif deskriptif karena data yang diperoleh dari penelitian
dihitung secara statistik, selanjutnya data dianalisis secara statistik deskriptif yaitu
dengan mendeskripsikan hasil perhitungan data tersebut. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi (pengamatan) dan
kuesioner (angket, sedangkan pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple
random sampling.
Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:
1) Pada aspek pengetahuan, terdapat 35 siswa atau 100% memperoleh nilai di atas
KKM. Seluruh siswa kelas X-11 dapat dikatakan tuntas karena semua nilai sudah
mencapai KKM walaupun dengan nilai yang berbeda-beda. Dari persentase
tersebut dapat diperoleh ketuntasan nilai sebesar 84,57. 2) Pada aspek
ketrampilan, terdapat 35 siswa atau 100% telah mencapai KKM yang telah
ditetapkan yaitu 75. Dari persentase tersebut diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar
87,06. Dengan demikian, penerapan media Picture Puzzle dalam pembelajaran
menulis sinopsis teks cerita Bima Bungkus siswa kelas X-11 dapat memberikan
pengaruh terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:16
Last Modified: 03 Jan 2024 03:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item
View Item