ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN NEWMANS ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

KARUNIA, YEHES KIEL NOVAL (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN NEWMANS ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YEHES KIEL NOVAL KARUNIA (18310018).pdf] Text
YEHES KIEL NOVAL KARUNIA (18310018).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nusaputra Semarang dengan tujuan untuk
mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang
dilakukan siswa kelas VIII dalam meneyelesaikan soal SPLDV berdasarkan
Newman’s Error Analysis yang ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri 4 siswa kelas VIII dengan 2 siswa perempuan dan 2 siswa
laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara. Teknik
analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi waktu yaitu
dengan cara pengecekan melakukan pengecekan dengan wawancara, observasi,
atau teknik lain dalam waktu atau situasi yang berbeda. Analisis data
dikembangkan dengan berdasarkan indikator Newman’s Error Analysis. Hasil
penelitian menunjukkan siswa dengan gaya kognitif reflektif tidak melakukan
kesalahan dalam menyelesaian soal SPLDV, sedangkan Siswa dengan gaya
kognitif impulsif melakukan kesalahan dalam menyelesaian soal SPLDV pada
indikator ketrampilan proses (Processing Skills) dan kesalahan pada indikator
kemamapuan mengkode (Encoding Ability).
Kata Kunci: Analisis kesalahan; Newman’s Error Analysis; Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:10
Last Modified: 11 Jun 2024 07:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3889

Actions (login required)

View Item
View Item