IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VII DI SMP NEGERI 10 SEMARANG

Azziyah, Azimatun Nor (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VII DI SMP NEGERI 10 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi PPKn 20210017 Azimatun Nor Azziyah.pdf] Text
Skripsi PPKn 20210017 Azimatun Nor Azziyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Azimatun Nor Azziyah. “Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Standar
Proses dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VII di SMP Negeri 10
Semarang”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas
Pndidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Kurikulum Merdeka yang dilandasi dengan
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik
Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam
Rangka Pemulihan Pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari standar proses dalam
pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas VII SMP Negeri 10 Semarang.. Fokus
penelitian ini yaitu implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari standar proses
dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas VII SMP Negeri 10 Semarang,
sedangkan sub fokus penelitian ini yaitu 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan
Pancasila kelas VII SMP Negeri 10 Semarang. 2) Pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Pancasila kelas VII SMP Negeri 10 Semarang. 3) Penilaian
pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas VII SMP Negeri 10 Semarang.
Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskripstif kualitatif. Data analisis menggunakan model dari Miles dan Huberman
yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Untuk keabsahan data menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka
ditinjau dari standar proses dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas VII
SMP Negeri 10 Semarang yaitu dalam perencanaan pembelajaran guru menyusun
modul ajar telah memenuhi komponen-komponen yang tersedia di dalam buku
panduan pembelajaran dan asesmen yang diterbitkan oleh badan standar,
kurikulum, dan asesmen pendidikan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset,
dan teknologi. Pelaksanaan pembelajaran guru lebih dominan menggunakan
metode pembelajaran problem basic learning dibandingkan dengan metode
pembelajaran diferensiasi yang merupakan anjuran metode pembelajaran di dalam
kruikulum merdeka. Sedangkan penilaian pembelajaran yaitu guru menggunakan
pwnilaian kelas yang meliputi penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif
dilakukan saat Penilaian Akhir Semeseter (PAS) dan penilaian sumatif dilakukan
saat pembelajaran di dalam kelas dilakukan. Berdasarkan hal itu perlu ditingkatkan
kembali dalam pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi hal ini ditujukan
untuk dapat mencapai pengimplementasian dalam kurikulum merdeka, hal ini
dilakukan setiap siswa yang beragam dapat memperoleh pendidikan yang sesuai
dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Standar Proses, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:27
Last Modified: 10 Jun 2024 08:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3888

Actions (login required)

View Item
View Item