UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI KB IT PERMATA BUNDA DEMAK

l Mala, Durotul (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI KB IT PERMATA BUNDA DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Durotul Mala 21156023.pdf] Text
Skripsi Durotul Mala 21156023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Durotul Mala 21156023. “Upaya Meningkatkan kemandirian anak melalui metode
bercerita pada anak didik kelompok Shofa di KB IT Permata Bunda Demak”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya kemandirian diantara
anak didik di KB IT Permata Bunda, hal ini ditunjukkan dengan tidak percaya diri
tinggi dan mengandalkan orang tua. Setelah diamati hal ini terjadi karena
perlakuan yang mereka terima dari lingkungan keluarga yang kurang tepat. Selain
itu pendekatan yang diberikan di sekolah belum maksimal terhadap
perkembangan mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan
kemandirian antar anak didik di KB IT Permata Bunda melalui kegiatan bercerita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa
perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di
Semester I pada bulan November - Desember 2023.
Subjek penelitian ini adalah anak didik KB IT Permata Bunda kelompok
Shofa tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 18 anak. Prosedur penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4)
refleksi dari hasil observasi. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan.
Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik metode bercerita dengan dua
siklus diperoleh hasil peningkatan kemandirian diantara anak didik mencapai
33,33% pada siklus pertama, dan 83,33% pada siklus kedua indikator kinerja
tercapai. Hasil hipotesis yang berbunyi kemandirian anak meningkat melalui
metode bercerita pada anak didik KB IT Permata Bunda kelompok Shofa tahun
pelajaran 2023/2024 dan berdasarkan hasil akhir tersebut maka hipotesis yang
diajukan diterima kebenarannya. Oleh karena itu hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa kemandirian pada anak didik di KBIT Permata Bunda
kelompok Shofa dapat ditingkatkan melalui metode bercerita. Maka dari itu
sekolah dan guru perlu saling bersinergi meningkatkan kemampuannya dalam
bercerita, dalam hal ini sekolah sebagai fasilitator. Karena kemampuan guru
dalam menyampaikan cerita di lengkapi dengan media yang menarik akan
mempengaruhi anak didik dalam menerima pesan moral yang ada dalam cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:24
Last Modified: 10 Jun 2024 08:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3887

Actions (login required)

View Item
View Item