PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS BERBASIS PENDEKATAN STEM MATERI PANCAINDRA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS II DI SDN 3 BELOR

SUSANTO, MUCHLAS ABRAR (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS BERBASIS PENDEKATAN STEM MATERI PANCAINDRA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS II DI SDN 3 BELOR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI MUCHLAS ABRAR SUSANTO.pdf] Text
SKRIPSI MUCHLAS ABRAR SUSANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

MUCHLAS ABRAR SUSANTO. 20120010. “Pengembangan Modul Ajar IPAS
Berbasis Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II DI
SDN 3 Belor”. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2024 Pembimbing I Dr. Siti
Patonah, M.Pd. dan pembimbing II Sukamto, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya pengembangan modul
ajar IPAS berbasis pendekatan STEM di kelas II, belum dilakukannya asesment
diagnostik secara maksimal dan perlu ditingkatnya kreativitas siswa. Hal tersebut
dikarenakan modul ajar IPAS untuk kelas II belum tersedia, belum memahami
secara detail mengenai asesment diagnostik dan masih adanya bantuan dari orang
tua dalam mengerjakan tugas yang melatih ketrampilan sehingga tidak
mengeluarkan seluruh kemampuan dalam bidang kreativitasnya. Materi
pancaindra pada kelas II yang dianggap sulit bagi sebagian peserta didik karena
hasil asesment diagnostik yang mendapatkan nilai rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana
mengembangkan modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM materi pancaindra
untuk meningkatan kreativitas? 2). Apakah modul ajar IPAS berbasis pendekatan
STEM pada materi pancaindra untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas II
memenuhi kriteria valid? 3). Bagaimana pengembangan modul ajar berbasis
pendekatan STEM dalam materi pancaindra efektif dapat meningkatkan
kreativitas siswa kelas II? 4). Apakah modul ajar IPAS berbasis pendekatan
STEM pada materi pancaindra untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas II
praktis digunakan dalam pembelajaran?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RnD). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah
ADDIE oleh Dick And Carry yang meliputi (Analysis, Design, Development,
Implementation,Evaluation). Sasaran dalam penelitian ini adalah kelas II di SDN
3 Belor. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan dokumentasi,
observasi, angket dan hasil uji coba.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Berdasarkan hasil uji coba validitas
yang sudah diolah menggunakan indeks aikens memperoleh skor rata-rata hasil
validasi indeks aiken yaitu 0,97 dengan kategori tinggi. Hasil data efektivitas
modul ajar mendapatkan skor 97,2 % dengan ketegori efektif karena adanya
peningkatan kreatifitas 35,2%. Indikator yang terlihat yaitu 1). Memiliki rasa
ingin tahu yang besar, 2). Memberikan banyak gagasan dan usul dalam suatu
masalah, 3). Mempunyai rasa keindahan, 4). Mempunyai pendapat sendiri dan
tidak mengungkapkannya, tidak terpengaruh orang lain, 5). Memiliki rasa humor
yang tinggi, 6). Memiliki daya imajinasi yang kuat, 7). Dapat bekerja sendiri, 8).
Senang mencoba hal-hal baru, 9). Mampu mengembangkan atau merinc suatu
gagasan (kemampuan elaborasi). Sedangkan kepraktisan modul mendapatkan
skor 96,8% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa pengembangan modul ajar IPAS berbasis STEM materi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:31
Last Modified: 10 Jun 2024 07:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item
View Item