Amalia, Rhein (2024) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi Rhein Amalia (19310059).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Kemampuan berpikir aljabar siswa perlu dikembangkan melalui pembelajaran
matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar
siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal kubus dan balok ditinjau dari
kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII E SMP N 3 Semarang yang
dipilih berdasarkan hasil tes angket. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan tes
angket kemandirian belajar dari 32 siswa kelas VIII dipilih 6 siswa yang terdiri
dari 2 subjek dengan kemandirian belajar lemah, 2subjek dengan kemandirian
belajar kuat, dan 2 subjek dengan kemandirian belajar sangat kuat. Instrument
yang digunakan pada penelitian yaitu tes angket kemandirian belajar untuk
menentukan subjek penelitian, soal kubus dan balok untuk memunculkan
kemampuan berpikir aljabar siswa, dan pedoman wawancara. Keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik yaitu melakukan pengeccekan data yang telah
diperoleh dari sumber yang sama menggunakan teknik yang berbeda. Hasil
peneltian berdasarkan tes dan wawancara diperoleh 1) subjek dengan kemandirian
belajar lemah subjek mampu memunculkan indikator generasional 2) subjek
dengan kemandirian kuat subjek mampu memunculkan indikator generasional,
indikator transformasional 3) subjek dengan kemandirian sangat kuat subjek
mampu memunculkan indikator generasional, indikator transformasional dan
indikator level-meta global.
Kata kunci : kemampuan berpikir aljabar, kemandirian belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:23 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3872 |