ANALISIS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD NEGERI MOKAHA 01 KABUPATEN TEGAL

Aziz, Rifki (2024) ANALISIS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD NEGERI MOKAHA 01 KABUPATEN TEGAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Rifki Aziz 19120298.pdf] Text
Skripsi Rifki Aziz 19120298.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

RIFKI AZIZ. NPM 19120298. “Analisis Ekstrakurikuler Pramuka Untuk
Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa SD Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2024.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah 1) penampilan siswa
kurang rapi; 2) bertutur kata dan berperilaku kurang sopan terhadap guru; 3) kurang
disiplin, misalnya berangkat sekolah dengan terlambat; 4) siswa kurang aktif dalam
kegiatan pembelajaran; 5) Pembiasaan karakter belum ada di Sekolah. Permasalahan
yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembentukan karakter
siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan pandidikan
karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal dan bagaimana hasil
pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Sekolah
Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana analisis kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan
pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode
dokumentasi dengan guru kelas V, guru kelas VI, pembina pramuka, dan kepala Sekolah
Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri
Mokaha 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 29 siswa dan siswa kelas VI Sekolah
Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 27 siswa, masih banyak
siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Proses pembentukan
karakter pada siswa yang dilakukan oleh pembina pramuka yaitu dengan melakukan
pembiasaan, pengarahan, permainan, penerapan PBB, penerapan Tri Satya, penerapan
Dasa Dharma Pramuka, dan pemberian nasihat yang dilakukan secara berulang-ulang
oleh pembina pramuka kepada siswanya. Hasil pembentukan karakter siswa melalui
kegiatan ekstrakurikiler pramuka di SD Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal mengalami
beberapa perubahan diantaran, siswa yang berangkat sekolah terlambat sekarang sudah
mulai berangkat sekolah tepat waktu, siswa mulai berpakaian dengan rapi dan sesuai
ketentuan, bertutur kata yang baik dan sopan, berkata jujur, membuang sampah pada
tempatnya, berdoa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran, mengerjakan tugas
yang diberikan oleh guru dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab,
mengerjakan tugas atau soal yang diberikan oleh guru dengan tanpa mencontek,
membantu orang lain ketika sedang mengalami kesulitan atau kesusahan, dan meminta
maaf kepada orang lain ketika melakukan kesalahan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah supaya
kegiatan ekstrakurikuler pramuka selalu diadakan dan siswa diberikan motivasi serta
dorongan agar selalui mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, karena kegiatan
ekstrakurikuler pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat
membentuk dan meningkatkan karakter pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:20
Last Modified: 10 Jun 2024 07:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item
View Item