PENERAPAN STRATEGI ‘ADA TAWA CERIA’ DAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 25 SEMARANG 2022/2023

Kurnia, Wiwin (2023) PENERAPAN STRATEGI ‘ADA TAWA CERIA’ DAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 25 SEMARANG 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of WIWIN KURNIA 18410040.pdf] Text
WIWIN KURNIA 18410040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemampuan menulis pada peserta
kelas VII yang masih belum optimal. Semua itu dilatar belakangi karena minat
menulis masih rendah, kesulitan dalam mengungkapkan ide atau gagasan ke
dalam teks narasi, sering melihat teks asli dalam membuat cerita atau karangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi “Ada Tawa
Ceria” dan media film pendek karya Elka Sinema dalam pembelajaran menulis
teks narasi pada peserta didik kelas VII SMPN 25 Semarang tahun pelajaran
2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa
penugasan keterampilan menulis teks narasi sesuai film pendek yang ditampilkan
dengan memperhatikan struktur teks narasi. Teknik nontes berupa observasi,
wawancara, angket , dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik simpulan bahwa strategi “Ada
Tawa Ceria” dan media film pendek dapat diterapkan pada peserta didik
khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi pembelajaran teks
narasi. Strategi belajar dan media pembelajaran ini dapat menjadi salah satu
alernatif bagi guru dalam mengajarkan materi teks narasi.
Kata kunci : penerapan, strategi, media film pendek, teks narasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:31
Last Modified: 05 Jan 2024 03:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item
View Item