RAHMASARI, PUTRI (2024) PENGEMBANGAN E-FLIPBOOK SENI RUPA PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SD N PANDEANLAMPER 05. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI PUTRI RAHMASARI_20120205_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
PUTRI RAHMASARI. NPM 20120205. “Pengembangan E-Flipbook Seni
Rupa Pada Kurikulum Merdeka Kelas IV SD N Pandeanlamper 05”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya media
pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran seni rupa sebagai
pendukung pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya
menggunakan buku dan menulis beberapa materi dipapan tulis secara terus menerus
tanpa adanya media pembelajaran yang bervariasi. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “Bagaimana pengembangan media pembelajaran e-flipbook
yang dirancang khusus dan menarik dalam mata pelajaran seni rupa kelas IV SDN
Pandean Lamper 05?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui
pengembangan media pembelajaran e-flipbook yang dirancang khusus dan menarik
dalam mata pelajaran seni rupa Kelas IV di SDN Pandean Lamper 05”.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D). Pengembangan e-flipbook seni rupa hanya sampai pada
tahap kelima yaitu merevisi hasil uji coba. Penelitian dan pengembangan ini
dilaksanakan di kelas IV SD N Pandeanlamper 05. Hasil dari evaluasi yang sudah
didapat dari guru dan siswa berupa angket penilaian tanggapan media dan materi
menyatakan bahwa media e-flipbook sudah layak digunakan sebagai pendamping
media interaktif untu guru dan siswa.
Hasil penelitian diperoleh dari validasi media dan materi. Hasil dari ahli
media menunjukkan persentase 95% sedangkan hasil ahli materi menunjukkan
persentase 95%. Hasil angket tanggapan guru menunjukkan persentase 95% dan
hasil angket tanggapan dari kelas IV menunjukan persentase 97%. Hal ini dapat
disimpulkan bahwa media e-flipbook yang dikembangkan termasuk dalam kategori
“Sangat Layak” dalam pembelajaran kelas IV.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media
e-flipbook kelas IV dapat digunakan sebagai salah satu alternative media
pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3867 |