FITRIANI, jihan nur (2024) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 2 GUNUNG SARI KABUPATEN REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
skripsi jihan nur fitriani_19120060.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
JIHAN NUR FITRIANI NPM 19120060 “Analisis Pelaksanaan Kurikulum
Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 2 Gunung Sari
Kabupaten Rembang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perubahan kurikulum
yang terjadi di Indonesia. Perubahan kurikulum ini mengalami pro dan kontra di
SD Negeri 2 Gunung Sari. Perubahan tersebut mengabitkan guru harus
mempelajari kurikulum merdeka sedang guru juga harus mengimplementasikan di
kelas, sehingga mengakibatkan penerapan kurikulum merdeka kurang maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan dan
pelaksanaan kegiatan pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran
matematika di SD Negeri 2 Gunung Sari Kebupaten Rembang? tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui perencanaan dan
pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 2
Gunung Sari Kabupaten Rembang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD
Negeri 2 Gunung Sari Kabupaten Rembang. Data penelitian ini diperoleh melalui
wawancara di kelas 1,2,4,5 dan wawancara dengan orang tua siswa, Pengisisan
angket guru kelas 1,2,4 dan 5 dan observasi dikelas 1 dengan 4.
Hasil analisis pada penelitian diperoleh perencanaan pembelajaran
matematiaka guru sudah membuat perangkat pembelajaran sebelum kegiatan
pembelajaran dilaksanakan. Perangkat pembelajaran diantaranya ATP dan Modul
Ajar, dalam pembuatan perangkat pembelajaran guru harus memperhatikan
kemampuan dari peserta didik dan sumber daya yang ada di alam sekitar.
Pelaksanaan pembelajaran matematika di SD Negeri 2 Gunung Sari sudah
dilaksanakan dengan baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan
metode ceramah dan cerita atau disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Pada
saat pelaksanaan pembelajaran matematika guru membangun suasana yang
interaktif, menanamkan sifat percaya diri pada peserta didik untuk menjawab
pertanyaan, guru meminta siswa untuk berpendapat pada saat pembelajaran
matematika dan mengikutsertakan siswa dalam kegiatan pembelajaran seperti
dalam pembuatan kelompok belajar. Tetapi pada saat pelaksanaan guru belum
menggunakn teknologi sebagai penunjang pembelajaran seperti PPT ataupun
Vidio, guru hanya menggunakan buku paket dan Lks sebagai penunjang
pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dalam
pelaksanaan pembelajaran guru harus menumbuhkan interaksi antara peserta didik
dengan guru sehingga kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan untuk saat
ini guru bisa memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran sehingga lebih
menarik.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:03 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3864 |