PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, EFEKTIVITAS, DAN FITUR PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGI (FINTECH) PADA APLIKASI SHOPEEPAY

Rosita, ida (2024) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, EFEKTIVITAS, DAN FITUR PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGI (FINTECH) PADA APLIKASI SHOPEEPAY. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of skripsi Ida full-4- setelah parafrase-1.pdf] Text
skripsi Ida full-4- setelah parafrase-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Terdapat berbagai situs e-commerce salah satunya Shopee yang
memanfaatkan financial technology atau yang dikenal dengan financial
technology (Fintech) berupa Shopeepay. Banyak faktor yang dapat memengaruhi
minat menggunakan tekfin termasuk kemudahan yang dirasakan, kepercayaan,
efektivitas, dan fitur penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh persepsi kenyamanan, kepercayaan, efektivitas dan penggunaan fitur
terhadap minat menggunakan fintech Shopeepay.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa manajemen UPGRIS reguler angkatan 2018 dan
angkatan 2019 yang bersedia mengisi kuesioner penelitian dengan jumlah 100
responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental
sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan
melalui uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda dan pengujian
hipotesis.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan diketahui bahwa persepsi
kenyamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan
Fintech Shopeepay dengan nilai signifikan 0,001, kepercayaan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap niat menggunakan Fintech Shopeepay dengan
signifikan nilai 0,048, efektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat
menggunakan fintech Shopeepay dengan nilai signifikan 0,000, fitur penggunaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan fintech
Shopeepay dengan nilai signifikan 0,043. Artinya pengaruh persepsi kenyamanan,
kepercayaan, efektivitas dan fitur penggunaan berpengaruh terhadap minat
menggunakan fintech Shopeepay.
Kata kunci : minat menggunakan, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan,
efektivitas, fitur penggunaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Bisnis Digital
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:00
Last Modified: 10 Jun 2024 07:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item
View Item