PUSPITASARI, JUWITA FITRIA (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS BERBASIS PENDEKATAN STEM PADA MATERI STRUKTUR PERMUKAAN BUMI UNTUK MEWUJUDKAN KETERAMPILAN DASAR BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS V SDN BANYUMANIK 04 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI JUWITA FITRIA P (20120030).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
JUWITA FITRIA PUSPITASARI. NPM 20120030. “Pengembangan
Modul Ajar IPAS Berbasis Pendekatan STEM Pada Materi Struktur Pemukaan
Bumi Untuk Mewujudkan Keterampilan Dasar Berpikir Ilmiah Siswa Kelas V
SDN Banyumanik 04 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Siti Patonah, M.Pd. dan Pembimbing II Sukamto, S.Pd., M.Pd.
2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah belum adanya
pengembangan modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada materi struktur
permukaan bumi yang dapat mewujudkan keterampilan dasar berpikir ilmiah.
Proses pembelajaran yang masih menggunakan pendekatan secara kontekstual
menyebabkan siswa menjadi mudah bosan, pasif dan kurang berpikir kritis.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana mengembangkan
modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada materi struktur permukaan
bumi untuk mewujudkan keterampilan dasar berpikir ilmiah siswa kelas V SDN
Banyumanik 04 Semarang?, 2) Apakah modul ajar IPAS berbasis pendekatan
STEM pada materi struktur permukaan bumi untuk mewujudkan keterampilan
dasar berpikir ilmiah siswa kelas V SDN Banyumanik 04 Semarang memenuhi
kriteria valid?, 3) Apakah modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada
materi struktur permukaan bumi untuk mewujudkan keterampilan dasar berpikir
ilmiah siswa kelas V SDN Banyumanik 04 Semarang praktis digunakan dalam
pembelajaran?, 4) Bagaimana mengembangkan modul ajar IPAS berbasis
pendekatan STEM pada materi struktur permukaan bumi efektif untuk
mewujudkan keterampilan dasar berpikir ilmiah siswa kelas V SDN Banyumanik
04 Semarang?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengembangkan dan menghasilkan, memvalidasi, menguji kepraktisan serta
efektivitas modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada materi struktur
permukaan bumi untuk mewujudkan keterampilan dasar berpikir ilmiah siswa
kelas V SDN Banyumanik 04 Semarang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE. Tahapan penelitian
meliputi analysis, design, development, implementation, evaluation. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Banyumanik 04 Semarang tahun
pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas V yang terdiri
dari 17 laki-laki dan 11 perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
kegiatan observasi, dokumentasi, angket dan tes.
Dari hasil penelitian, modul ajar dinyatakan valid dengan hasil validasi
Indeks Aiken sebesar 0,94 untuk komponen modul ajar, 0,96 untuk ahli materi,
0,96 untuk ahli bahasa, 0,94 untuk media Augmented Reality, dan 0,98 untuk
media konkrit. Uji kepraktisan modul ajar masuk dalam kriteria sangat praktis
dengan nilai sebesar 95,2%. Efektivitas modul ajar melalui Uji Paired Sampel T-
Test menunjukan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukan adanya
perbedaan keterampilan berpikir ilmiah siswa sebelum dan sesudah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:43 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3857 |