UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK MELALUI METODE KOLASE DENGAN BERBAGAI MACAM MEDIA PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI KOBER PONDIK SI KECIL AGHNIY KOTA BANDUNG

JUMIATI, HOTMARINA (2024) UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK MELALUI METODE KOLASE DENGAN BERBAGAI MACAM MEDIA PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI KOBER PONDIK SI KECIL AGHNIY KOTA BANDUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of skripsi Hotmarina 20156089.pdf] Text
skripsi Hotmarina 20156089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus
melalui metode kolase kelompok A Kober Pondok si Kecil Aghniy. Jenis
penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah
siswa kelompok A Kober Pondok si Kecil Aghniy berjumlah 10 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif yang bersifat kualitatif.
Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian menunjukan
adanya peningkatan kemampuan motorik halus melalui metode kolase dengan
berbagai macam media, peningkatan tersebut yaitu Siklus I mencapai 50%, pada
Siklus II mencapai 80% kesimpulan dari penelitian ini melalui metode kolase
dengan berbagai macam media dapat meningkatkan kemampuan motorik halus
anak kelompok A di Kober Pondok si Kecil Aghniy.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi
guru, pendidik diharapkan menggunakan media yang sesuai, seperti penggunaan
media dengan berbagai macam seperti, kacang – kacangan, bahan alam, manik –
manik. Karena dengan menggunakan media kolase peserta didik lebih tertarik dan
senang melakukan kegiatan, sehingga kemampuan motorik halus dapat meningkat
dengan cepat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:37
Last Modified: 10 Jun 2024 06:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3855

Actions (login required)

View Item
View Item