Ramdhani, Hani Wijil (2024) PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 5 SDN WONOREJO 2. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI -hani wijil ramdhani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Hani Wijil Ramdhani, NPM 20120181. “Pengaruh Kemampuan Penalaran
Matematis pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitof Siswa
Kelas V SDN Wonorejo 2 ”. Skripsi. Progaram Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas ILmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Joko Sulianto,
S.Pd., M.Pd dan Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. Februari, 2024.
Latar belakang dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Wonorejo 2,
belum dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematis dengan maksimal,
belum mampu menggunakan kemampuan bernalar dalam menyelesaikan soal, dan
belum mampu memahami materi matematika secara logis. Model pembelajaran
kurang beragam dan guru masih menggunakan metode pembelajaran berbasis
ceramah dimana siswa hanya sekedar mendengarkan .
Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh kemampuan penalaran
matematis pada model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa
kelas V SDN Wonorejo 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah ada pengaruh kemampuan penalaran matematis pada model discovery
learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V Sekolah Dasar
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan
desain Posttest-Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu
siswa kelas V SDN Wonorejo 2. Jumlah sampel yang diambil adalah 53 siswa, yaitu
semua anggota dari populasi dengan menggunakan teknik sampling total. Uji
instrument soal dengan melakukan uji validitas, uji reabilitas, daya pembeda, dan
taraf kesukaran. Uji persyaratan data penelitian melalui uji normalitas dan untuk
menguji hipotesis dengan melakukan uji regresi.
Hasil penelitian pada pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa adanya
pengaruh kemampuan penalaran matematis yaitu uji regresi linier sederhana
diperoleh f hitung > f tabel yaitu 7,882 > 4,24 maka Ho ditolak. Sehingga disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh kemampuan penalaran matematis pada model Discovery
Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wonorejo 2.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya dalam pembelajaran guru
menggunakan metode pembelajaran discovery learning karena dapat meningkatkan
hasil belajar siswa agar tujuan pembelajaran SDN Wonorejo 2 dapat tercapai.
Selain itu untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang baik, hendaknya sekolah
memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:27 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3851 |