UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI DEPOK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

LISTIARIN, FITRIANA (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI DEPOK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Fitriana.pdf] Text
Skripsi Fitriana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FITRIANA LISTIARINI, NPM. 21156075 “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Penerapan Metode Bercerita Pada Anak
Usia Dini Di Tk Pertiwi Depok Tahun Pelajaran 2023/2024”.Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023.
Yang melandasi peneliti mengambil judul penelitian diatas adalah
rendahnya kemampuan bahasa ekspresif anak di TK Pertiwi Depok Desa Depok
Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara, Tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek
penelitian ini adalah anak Kelas A Usia 4-5 Tahun yang bersekolah di TK Pertiwi
Depok Desa Depok Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah
12 anak terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) membuat
perencanaan, (2) melakukan tindakan, (3) mengadakan pengamatan, (4)
merefleksi hasil pengamatan tindakan. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali
pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
menggunakan Tehnik Deskriptif Kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan
menggunakan media bercerita melalui buku cerita dan boneka tangan kemampuan
bahasa ekspresif pada anak kelas A TK Pertiwi Depok Desa Depok Kecamatan
Bawang Kabupeten Banjarnegara dapat ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari
keadaan awal atau kondisi pra siklus dimana hasil observasi pra siklus pada anak
menunjukkan sebanyak 9 anak atau 75% anak dalam kondisi belum berkembang,
dan 0% pada kategori berkembang sangat baik. Setelah diadakan pelaksanaan
siklus I prosentase pada kategori belum berkembang berkurang menjadi 0% dan
50% pada kategori berkembang sesuai harapan serta 50% berkembang sangat
baik.
Peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak pada siklus I mulai
terlihat, namun belum memenuhi indikator kinerja yaitu 76% pada kategori
berkembang sangat baik, sehingga dilanjutkan dengan tindakan siklus II. Pada
akhir siklus II kemampuan bahasa akspresif anak pada kategori berkembang
sangat baik meningkat dari 50% pada siklus I menjadi 83.33% pada siklus II.
Sehingga target telah memenuhi indikator kinerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:24
Last Modified: 10 Jun 2024 06:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3850

Actions (login required)

View Item
View Item