Pratama, Ravi Aji (2023) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN BULLYING PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ravi Aji Pratama 19110013.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Ravi aji pratama NPM 19110013.”Hubungan Antara Kepercayaan diri
dengan Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 SEMARANG”. Skripsi
program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas ilmu pendidikan Universitas
PGRI Semarang 2023. Dosen Pembimbing I : Dr. Heri Saptadi Ismanto,
S.Pd.,M.Pd.,kons. Pembimbingn II : Ismah,S.Ag.,M.Pd.
Maraknya kasus-kasus kekerasan yang terjadi pada anak usia sekolah saat
ini sangat memprihatinkan bagi pendidik dan orang tua. Sekolah yang seharusnya
menjadi tempat bagi anak remaja menimba ilmu serta membantu membentuk
karakter pribadi yang positif ternyata malah menjadi tempat tumbuh suburnya
praktek-praktek Bullying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara kepercayaan diri dengan bullying pada siswa kelas VIII SMP
PGRI 1 Semarang.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 256. Sempel dalam penelitian ini mengambil 38% dari jumlah populasi
,sehingga sempel yang digunakan berjumlah 96 siswa, terdiri dari kelas 8a,8b,8c.
Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan teknik Random
sempling. Dengan kelas yang terpilih sebagai penelitian adalah kelas VIII A, VIII
B, dan VIII C.
Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment diketahui
bahwa nilai sig. (2-tailed) diperoleh 0,013 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan
yang signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku bullying siswa. Diketahui
bahwa nilai koefesien korelasi (r) adalah -0,252 dengan tafar negatif. Berdasarkan
tabel nilai korelasi (r) -0,252 pada pedoman nilai interpretasi korelasi berada pada
rentang “0,20-0,399” yang berarti bahwa tingkat hubungan kepercayaan diri
dengan perilaku bullying termasuk pada kategori rendah.
Kemudian besarnya sumbangan variabel kepercayaan diri dan perilaku
bullying yang diperoleh sebesar 6,3%. Karena hubungan yang bersifat negatif hal
ini berarti semakin tinggi kepercayaan diri yang dimiliki siswa maka semakin
rendah untuk mendapatkan perilaku bullying, dan juga sebaliknya jika semakin
rendah kepercayaan diri yang dimiliki siswa maka semakin tinggi untuk
mendapatkan perilaku bullying. Secara umum penelitian ini dapat mengetahui
pentingnya hubungan antara kepercayaan diri dengan bullying pada siswa
sehingga dapat menjadi acuan guru bimbingan dan konseling untuk memberikan
layanan dalam rangka mengembangkan kepercayaan diri siswa agar siswa tidak
mudah dalam memperoleh prilaku bullying.
Kata Kunci : Kepercayaan diri, Bullying
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:30 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/385 |