HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 2 MRISI

Praditya, Ivan Yudha (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 2 MRISI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ivan Yudha Praditya.pdf] Text
Ivan Yudha Praditya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ivan Yudha Praditya.17230096 “Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil
Belajar Mata Pelajaran Penjasorkes Siswa Kelas Vi Di Sd Negeri 2 Mrisi”.
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2023
Latar belakang penelitian ini adalah Dalam kehidupan sehari-hari tentunya
kita sering melihat berbagai macam jenis gadget yang digunakan oleh semua
kalangan. Gadget sangat berperan penting bagi kehidupan manusia guna untuk
berkomunikasi, memperluas wawasan, pengetahuan, pendidikan dan bisnis serta
untuk memperbanyak relasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Hubungan
Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PENJASORKES
Siswa kelas VI SD Negeri 2 Mrisi Kab Grobogan 2022
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
non eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa angket dan dokumentasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD NEGERI 2 MRISI yang
berjumlah 25 siswa dengan menggunakan sampel jenuh yang artinya peneliti
mengambil semua populasi untuk dijadikan sampel. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan analisis uji t (parsial).
Hasil penelitian ini Bedasarkan hasil penelitian dan paparan pembahasan
mengenai hubungan antara penggunaan gadget dan hasil belajar PENJASORKES
siswa kelas VI SD Negeri 2 Mrisi Kabupaten Grobogan yaitu tingkat penggunaan
gadget siswa kelas VI SD Negeri 2 Mrisi semua siswa berada pada kategori “tinggi”
dengan jumlah 100% (25 siswa). Untuk hasil belajar PENJASORKES pada
semester ganjil siswa kelas VI SD Negeri 2 Mrisi diperoleh nilai mean atau rata-
rata 77,2. Hasil uji linieritas diperoleh nilai dari Sig.Deviation from Linierity > 0,05
atau 0,995 > 0,05 dan uji korelasi diperoleh Sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 atau nilai
Sig.(2_tailed) 0,007 < 0,05
Dengan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan antara
penggunaan gadget dan hasil belajar PENJASORKES siswa kelas VI SD Negeri 2
Mrisi Kabupaten Grobogan.Saran untuk siswa sebaiknya untuk lebih
memperhatikan dan mengurangi penggunaan gadget yang terlalu berlebihan untuk
bisa meningkatkan hasil belajarnya di semester depan
Kata Kunci : Gadget, Hasil Belajar, Olahraga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:15
Last Modified: 07 Jun 2024 06:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3828

Actions (login required)

View Item
View Item