PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN SMALL SIDED GAME TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR MATERI KEBUGARAN JASMANI DI SMP N 4 SEMARANG

RIDHO HISYAM, AJI (2024) PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN SMALL SIDED GAME TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR MATERI KEBUGARAN JASMANI DI SMP N 4 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of skripsi aji ridho hisyam 19230205.pdf] Text
skripsi aji ridho hisyam 19230205.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Aji Ridho Hisyam, “Pengaruh Modifikasi Permainan Small Sided Game
Terhadap Hasi Belajar Psikomotor Materi Kebugaran Jasmani di SMP Negeri 4
Semarang”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan psikomotor
siswa dalam melakukan aktivitas kebugaran dan rendahnya minat siswa dalam
menerima materi yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah
modifikasi permainan small sided game berpengaruh terhadap peningkatan hasil
psikomotor siswa dalam pembelajaran kebugaran jasmani di SMP Negeri 4 Sema-
rang.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan
metode eksperimen. Desain penelitian ini yaitu menggunakan desain one group
pretest posttest with control design. Dengan populasi 258 siswa dari 8 kelas.
Sampel diambil secara random sampling yaitu 76 siswa. Hasil pengundian sampel
secara simple random sampling, maka terdapat dua kelas yang terpilih menjadi
sampel pada penelitian ini. Kelas yang menjadi kelompok eksperimen ialah kelas
IX H yang terdiri dari 33 siswa dan kelas IX G menjadi kelompok kontrol yang
terdiri dari 33 siswa. Sehingga jumlah sampel keseluruhan pada penelitian ini
sebanyak 76 siswa.
Hasil penelitian ini diperoleh dengan hasil analisis Independent Sample T
Test (uji beda 2 mean berbeda), diperoleh nilai Sig(2-tailed) = 0,00 < α = 0,05.
Berarti H0 ditolak artinya ada perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperi-
men terhadap peningkatan hasil kemampuan psikomotorik siswa dalam pembela-
jaran kebugaran jasmani di SMP Negeri 4 Semarang. Dimana rata-rata hasil
psikomotorik pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 91,79. Sedangkan
rata-rata hasil psikomotorik pada kelas kontrol sebesar 84,85.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh modifikasi
permainan small sided game terhadap kemampuan psikomotor siswa dalam pem-
belajaran kebugaran jasmani di SMP Negeri 4 Semarang. Saran bagi pendidik,
supaya lebih variatif dan inovatif dalam pembelajaran agar siswa tidak mudah bo-
san dan meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi siswa, Agar siswa dapat mengerti
dan memahami aktivitas kebugaran jasmani dan bisa mempraktekannya dalam
kehidupan sehari hari. Bagi peneliti, supaya bisa mengembangkan penelitian un-
tuk bisa mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik.
Kata Kunci: Small Sided Game, psikomotor siswa, kebugaran jasmani

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:30
Last Modified: 04 Jun 2024 06:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item
View Item