PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN BELAJAR PASCA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMA LABORATORIUM UPGRIS SEMARANG

HARMANDA, PRADANA WAHYU RIZKY (2023) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN BELAJAR PASCA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMA LABORATORIUM UPGRIS SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of PRADANA WAHYU RIZKY HARMANDA 17110084.pdf] Text
PRADANA WAHYU RIZKY HARMANDA 17110084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pradana Wahyu Rizky Harmanda. 17110084 “Pengaruh Dukungan Sosial
Terhadap Kecemasan Belajar Di Pasca Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMA
Laboratorium Upgris” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023. Pembimbing I Dr.
Heri Saptadi Ismanto, S.Pd., M.Pd., Kons. Pembimbing II Farikha Wahyu Lestari,
S.Pd.,M.Pd.
Pandemi Covid-19 turut membawa masyarakat menuju sistem yang baru, dimana
hampir seluruh sektor dalam kehidupan mengalami pergeseran pola aktivitas,
termasuk sektor pendidikan. Banyak aspek yang terdampak karena kebijakan
pengendalian COVID-19 salah satunya aspek pembelajaran.
Peneliti juga melakukan studi pendahuluan untuk memahami fenomena
kecemasan belajar pada siswa SMA Laboratorium Upgris melalui wawancara
dengan 3 guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan Agus Setiawan, yang
merupakan salah satu guru mengungkapkan bahwa selama masa pembelajaran
daring hanya beberapa anak yang menunjukan fokus belajar. Hasil yang serupa
juga diungkapkan oleh Pipit bahwa terdapat perbedaan penangkapan dan
pemahaman siswa terkait, proses belajar yang ditunjukan dengan nilai yang
kurang bagus selama pembelajaran daring. Hasil wawancara dengan guru ke 3
yaitu nadia menyatakan bahwa pada saat pembelajaran daring anak anak tidak
antusias. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa kecemasan
belajar pada saat pembelajaran daring menunjukkan gejala-gejala yang cukup
untuk diidentifikasi. Lebih lanjut, kecemasan belajar setelah pandemi dinilai
menurun karena guru dapat lebih berperan aktif dalam membimbing siswa-siswa.
Penanganan untuk siswa yang mengalami kecemasan lebih cepat karena guru
dekat dengan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan
bahwa dukungan sosial berpengaruh negatif terhadap kecemasan belajar. Hal ini
mengandung makna bahwa semakin tinggi tingkat dukungan sosial yang diterima
oleh siswa pasca pandemi, semakin rendah tingkat kecemasan belajar mereka.
Implikasinya adalah penting untuk memperkuat dan memfasilitasi dukungan
sosial dalam konteks pendidikan pasca pandemi guna membantu siswa merasa
lebih mendukung, terhubung, dan percaya diri dalam menghadapi tantangan
pembelajaran yang mungkin timbul. Dengan begitu, mereka dapat lebih efektif
dalam mengelola kecemasan belajar dan mencapai potensi akademik mereka
dengan lebih baik.
Kata Kunci : Dukungan Sosial, Kecemasan Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:22
Last Modified: 05 Jan 2024 03:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item
View Item