Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Anak Pada Pengaplikasian Tower Crane Ditinjau Dari Gaya Belajar

CAHYANTI, RETNO (2024) Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Anak Pada Pengaplikasian Tower Crane Ditinjau Dari Gaya Belajar. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RETNO CAHYANTI.pdf] Text
RETNO CAHYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif melalui pengaplikasian tower crane. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kampung STEM,
Joho, Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 4 anak. Pengumpulan data melalui teknik observasi,
wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan penelitian kemampuan berpikir kreatif anak-anak di kampung STEM, Joho,
Yogyakarta. Diperoleh bahwa kegiatan pengaplikasian tower crane mampu mengetahui cara berpikir kreatif anak. Hasil
penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan gaya belajar saat projek pengaplikasian Tower Crane.
Dua anak dengan gaya belajar Auditorial mampu memenuhi indikator berfikir lancar (Fluency) dan berfikir luwes
(Flexibility). Dua anak dengan gaya belajar visual mampu memenuhi indikator berfikir kreatif yaitu Berfikir lancar
(Fluency) dan berfikir orisinal (Originality).
Kata Kunci: STEM, Berpikir kreatif, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 30 May 2024 05:00
Last Modified: 30 May 2024 05:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3716

Actions (login required)

View Item
View Item