WIDIANA, ERI (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK KELAS IV SD N PALEBON 01 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ERI WIDIANA.pdf
Download (4MB)
Abstract
ERI WIDIANA. NPM 20120054. “Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik
Kelas IV SDN Palebon 01 Kota Semarang Tahun Ajaran 2023/2024”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang Tahun 2024. Dosen Pembimbing I Bapak Wawan
Priyanto, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing II Ibu Dr. Riris Setyo Sundari,
S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini dilandasi dari adanya tujuan pembelajaran seni musik di
sekolah yaitu mengembangkan pola pikir dan kemampuan kreatif siswa. Oleh
karena itu, siswa memiliki hak untuk mendapatkan pengalaman bermusik ketika
pembelajaran seni musik diimplementasikan di kelas. Fokus penelitian ini
mengenai bagaimana pelaksanaan pembelajaran Seni Musik kelas IV SD N Palebon
01 Tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis
Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik Kelas IV SD N Palebon 01 Tahun Ajaran
2023 /2024 dari persiapan, proses, evaluasi, hingga komponen yang digunakan
dalam pembelajaran.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan metode
wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
SDN Palebon 01 Kota Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui bahwa
guru kelas IV SDN Palebon 01 Kota Semarang dalam melaksanakan pembelajaran
Seni Musik menggunakan Kurikulum Merdeka pada Fase B. Dalam penelitian ini
terdapat beberapa hasil temuan pada pelaksanaan pembelajaran Seni Musik yaitu:
1) Tahap persiapan, meliputi (a) guru memahami CP Seni Musik fase B (b)
menentukan TP dan ATP (c) membuat alokasi waktu, (c) merancang modul ajar. 2)
Tahap proses, meliputi (a) kegiatan pendahuluan, guru membuka kelas dengan
salam, memimpin doa bersama yang dipimpin oleh siswa, mengecek kehadiran
siswa dan memberi informasi materi serta tujuan akhir pembelajaran, (b) kegiatan
inti, guru menggunakan metode Problem Based Learning dan menerapkan teori
pembelajaran konstruktivisme (c) kegiatan penutup, guru meminta siswanya untuk
menarik kesimpulan dan diakhiri berdoa. 3) Tahap evaluasi, meliputi (a) evaluasi
proses melalui penilaian formatif dengan metode asesmen non kognitif (b) evaluasi
sumatif menggunakan metode asesmen kognitif yiatu Penilaian Tengah Semester
(PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS). 4) Komponen pembelajaran, guru
menggunakan media papan tulis, LCD (Proyektor), speaker audio, instrumen musik
melalui aplikasi Youtube, laptop dan smartphone serta media pembelajaran maupun
alat musik.
Saran yang disampaikan yaitu kepada sekolah diharapkan dapat
memberikan fasilitas alat musik yang mendukung dan dapat dipergunakan siswa-
siswi untuk belajar seni musik. Saran kepada guru kelas IV SD N Palebon Kota
Semarang hendaknya lebih kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran seni
musik. Saran kepada siswa untuk rajin berlatih dan menguasai notasi lagu lebih baik
lagi supaya dalam melaksanakan praktik menggunakan alat musik dapat berjalan
dengan lancar.
Kata Kunci : Pembelajaran, Seni Musik, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:44 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3713 |