MAWARDAH, EMA YULITA (2024) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN TK MUSLIMAT BULOH II. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
EMA YULITA MAWARDAH.pdf
Download (1MB)
Abstract
EMA YULITA MAWARDAH. NPM 20150018. “PENERAPAN METODE
PEMBIASAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA 5-6
TAHUN TK MUSLIMAT BULOH ll ”. Skripsi Program Penelitian Keguruan
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang, 2024.
Metode pembiasaan merupakan cara atau upaya praktis untuk membentuk
kepribadian anak. Pendidikan karakter anak adalah prinsip moral dasar serta sikap dan
budi pekerti (kepribadian) yang baik yang harus dimiliki anak sejak dini dan dibentuk
menjadi kebiasaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah masih ada beberapa anak
yang belum disiplin dalam penerapan jam berangkat sekolah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat anak dalam
mengembangkan karakter disiplin pada anak usia 5-6 tahun, di TK Muslimat Buloh II.
Penelitian mengunakan metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian
ini, dan subjek penelitian yang berjumlah 6 anak, dan wawancara orang tua terdiri dari
6 wali murid, 1 guru kelas dan 1 kepala sekolah. Alat pengumpulan data yang
digunakan penulis dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi
Hasil penelitian dari penerapa karakter disiplin TK Muslimat Buloh II adalah
(1) Guru membiasakan anak tepat waktu saat masuk sekolah, (2) Guru membiasakn
anak baris – berbaris di depan kelas (3) Guru membiasakan anak untuk menaruh sepatu
pada tempatnya, (4) Guru membiasakan anak untuk antre saat melakukan sesuatu, (5)
Guru membiasakan anak untuk disiplin saat bermain, tidak berebut mainan, (6) Anak
masuk kelas dengan tertib (7) Berdo’a sebelum belajar dan sesudah belajar, (8)
Membaca asmaul husna (9) Menghafalkan doa’ harian (10) Merapikan kembali
mainan yang sudah di pakai (11) Membaca sholawat nariah. Faktor pendukung dan
pengehambat dalam penerapan karakter disiplin adalah Faktor pendukung dan
penghambat metode pembiasan dalam karakter disiplin anak usia dini. a. Faktor
pendukung 1. Faktor guru, 2. Faktor Lingkungan. b. Faktor pengahambat, 1. Dari diri
anak itu sendiri, 2. Kuranya kesadaran dari orang tua dalam penerapan karakter disiplin
pada anak 3. Penyalah gunan hp
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:41 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3712 |