KEEFEKTIFAN MEDIA PAPAN BERGARIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS II SD KUSUMA BHAKTI SEMARANG

WARDANI, YULIA FATMA (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA PAPAN BERGARIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS II SD KUSUMA BHAKTI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YULIA FATMA WARDANI 18120208.pdf] Text
YULIA FATMA WARDANI 18120208.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Yulia Fatma Wardani NPM 18120208. “Keefektifan Media Papan Bergaris
Terhadap Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II SD Kusuma
Bhakti Semarang”. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022. Latar belakang yang mendorong
penelitian ini adalah Kurang efektifnya pembelajaran karena guru kurang
bervariasinya media pembelajaran, model yang digunakan kurang bervariasi,
metode pembelajaran kurang bervariasi, sumber belajar kurang, pembelajaran
masih berpusat pada guru, strategi pembelajaran yang kurang, siswa masih
menganggap bahwa menulis tegak bersambung adalah pelajaran yang sulit
dipahami.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-
ekspeimental designs dengan bentuk One-Goup-Pretest-Posttest Design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD Kusuma Bhakti Semarang tahun
pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas II sebanyak
25 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media
papan bergaris efektif terhadap kemampuan menulis tegak bersambung mata
pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian diukur dari hasil belajar mata pelajaran
Bahasa Indonesia siswa saat mengikuti proses pembelajaran atau pemberian
pretest-posttest. Berdasarkan perhitungan hasil nilai pretes menunjukan rata-rata
53,76 dan hasil posttest menunjukan rata-rata 86,67. Maka siswa mengalami
peningkatan sebanyak 34,12 dari KKM yang telah ditentukan yaitu 75.
Keefektifan media papan bergaris terhadap siswa kelas dapat membantu dalam
proses pembelajaran dimana siswa sangat antusias dan tertarik dalam mengikuti
proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi menarik dan aktif.
Media tersebut mampu meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung
siswa dilihat dari sebelum diberi perlakuan dan setelah perlakuan kepada siswa,
dibuktikan dengan siswa lebih aktif dalam berdiskusi dan membuat sebuah proyek
dari ide dan kreatifitas masing-masing dan dituangkan dalam sebuah karya dari
karya tersebut maka siswa. Dengan adanya perlakuan tersebut mengakibatkan
siswa lebih mudah dalam memahami materi, mengingat materi, menggali
kreatifitas dan meningkatkan keterammpilan menulis siswa.
Kata Kunci: Keefektifan, Media, Kemampun, Menulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 May 2024 05:12
Last Modified: 21 May 2024 05:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item
View Item