Setyawan, Dwi Agung (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dwi Agung Setyawan 16210003.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dwi Agung Setyawan “Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran
Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas X
Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Semarang”, Program Studi
Pendidikan
Pancasila
dan
Kewarganegaraan
Fakultas
Pendidikan
Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini di latarbelakangi dari sebagian siswa beranggapan jika proses
pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sangat membosankan
karena materi-mateti yang bersifat hafalan menyebabkan siswa cepat merasa
bosan. Pernyataan ini diperkuat dengan penelitian ketika proses pembelajaran di
SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Pada saat pembelajaran PPKn sedang
berlangsung tidak jarang sebagian siswa-siswa membuat gaduh di kelas, pasif saat
proses pembelajaran dan tidak mau bertanya serta tidak bisa menjawab pertanyaan
yang diberikan. Sikap siswa-siswa tersebut diduga karena persepsi mereka
terhadap mata pelajaran PPKn cenderung negatif, menganggap mata pelajaran
PPKn bersifat hafalan dan membosankan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian
ini berlokasi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Semarang.
Indikator dalam penelitian ini adalah 1) Kegiatan pendahuluan saat proses
pembelajaran PPKn 2) Kegiatan inti saat proses pembelajaran PPKn 3) Kegiatan
penutup saat proses pembelajaran PPKn. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi.
Kegiatan pra pembelajaran yang dilakukan guru di SMK 1 Muhammadiyah
Semarang meliputi mengucapkan salam, menanyakan kabar serta mengabsen
kehadiran siswa. Selanjutnya guru menyampaikan tujuan pembelajaran,
menyampaikan KI dan KD sesuai dengan RPP serta mempersiapkan media
pembelajaran di kelas seperti LKS dan LCD. Kegiatan proses pembelajaran
melalui tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, isi danpenutup. Tahap pendahuluan
meliputi doa sebelum memulai pembelajaran, menyanyikan lagu wajib nasional
seperti Indonesia Raya, memberikan pertanyaan yang sesuai dengan materi yang
akan diajarkan, tanya jawab mengeni materi yang sebelumnya sudah dipelajari,
menjelaskan materi ajar menggunakan teknik atau metode ceramah, tanya jawab
dan diskusi. Tahap isi meliputi menjelaskan materi menggunakan media
pembelajaran serta memberikan apresiasi siswa yang dapat menjawab pertanyaan.
Tahap penutup meliputi memberikan pertanyaan diakhir pembelajaran dan
menutup pembelajaran dengan doa. Kegiatan pasca pembelajaran yang dilakukan
guru di SMK 1 Muhammadiyah Semarang meliputi, guru memberikan nilai secara
objektif dan memberikan tugas individu maupun tugas kelompok sesuai dengan
materi yang diajarkan
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Proses Pembelajaran, PPKn.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:29 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3691 |