UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK KELOMPOK BERMAIN MELALUI BERMAIN LOOSE PART DI KB PAIDIA

SETIAWATI, NINIK (2022) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK KELOMPOK BERMAIN MELALUI BERMAIN LOOSE PART DI KB PAIDIA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ninik Setiawati. NPM 19156051. “Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak
Kelompok Bermain Melalui Bermain Loosepart di KB Paidia”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya beberapa
anak yang belum berkembang rasa percaya dirinya, dilihat dari ketika mereka
bermain ataupun melakukan kegiatan di kelas mereka hanya diam, mudah
mengeluh (selalu berkata tidak bisa) dan selalu minta dibantu. Tujuan penelitian
ini untuk meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok bermain melalui bermain
loosepart di KB Paidia Kecamatan Semarang Timur Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganjil selama 2
minggu yang dimulai dari tanggal 15 sampai 26 November 2021. Subyek
penelitian adalah anak kelompok bermain yang berjumlah 10 anak yang terdiri
dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan
pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus
dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian
tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri anak melalui
bermain loosepart dapat meningkat dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya jumlah anak yang mempunyai rasa percaya diri dalam setiap kali
pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 2
anak atau 20% yang mempunyai rasa percaya diri dengan penilaian baik.
Sedangkan akhir tindakan 9 anak atau 90% yang dapat memiliki rasa percaya diri
yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa rasa percaya diri anak kelompok bermain di KB Paidia Semarang dapat
ditingkatkan melalui bermain loosepa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:30
Last Modified: 22 Mar 2024 07:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item
View Item