ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA NEGERI 3 BREBES PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

AGUSTININGRUM, HELNI TRI (2022) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA NEGERI 3 BREBES PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Helni Tri Agustiningrum. 17410091. Analisis Kesantunan Berbahasa
Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 3 Brebes Pada Pembelejaran Menulis Teks
Negosiasi Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Ika Septiana, M.Pd. dan
Pembimbing II Arisul Ulumuddin, M.Pd. Juli 2022.
Kata kunci : kesantunan berbahasa, teks negosiasi, pematuhan, pelanggaran
Penelitian ini dilatar belakangi dari kepedulian penulis terhadap perubahan
era globalisasi. Setiap perubahan akan hadir konsekuensi-konsekuensi tertentu yang
berkaitan dengan nilai dan moral. Untuk dapat dikatakan santun tidak hanya tingkah
laku yang perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik, melainkan bahasa dan tuturan
juga perlu diperhatikan agar tetap santun dalam segala kondisi. Dalam hal ini
ditekankan pada dialog saat melakukan negosiasi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis kesantunan
berbahasa yang digunakan oleh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Brebes
Tahun Pelajaran 2020/2021 pada pembelajaran teks negosiasi. Data pada penelitian
ini berupa kesantunan berbahasa siswa kelas X IPA 3 dan 5 SMA Negeri Brebes.
Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode catat yang kemudian
didokumentasikan dan dilanjutkan dengan teknik pilah unsur penentu untuk kartu
data. Teknik analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif. penelitian ini
bersifat mendeskripsikan hasil analisis tentang hasil karya tulis peserta didik pada
pembelajaran menulis teks negosiasi pada tahun pelajaran 2021/2022.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan data sebagai
berikut. Pematuhan prinsip kesantunan berbahasa memiliki jumlah yang lebih
banyak dalam teks negosiasi tersebut jika dibandingan pelanggaran prinsip
kesantunan berbahasa meliputi 14 pada maksim kebijaksanaan, 12 pada maksim
kedermawanan, 4 pada maksim penghargaan, 15 pada maksim permufakatan, dan
9 pada maksim kesimpatisan. Hal tersebut tentunya dapat menentukan jika teks
negosiasi karya peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran
2021/2022 termasuk dalam kategori santun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:25
Last Modified: 22 Mar 2024 07:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3683

Actions (login required)

View Item
View Item