PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMANTAPAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS XI MA MIFTAKUL HUDA BRAKAS

PRADEWI, YULIZA MINAYU (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMANTAPAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS XI MA MIFTAKUL HUDA BRAKAS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YULIZA MINAYU PRADEWI 16110030.pdf] Text
YULIZA MINAYU PRADEWI 16110030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

YULIZA MINAYU PRADEWI. NPM 16110030 “Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok dengan Teknik problem solving terhadap Pemantapan
Keputusan Karir Siswa kelas XI MA MIFTAKHUL HUDA BRAKAS” Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pemantapan keputusan karir bagi siswa
dalam memilih keputusan sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa, sehingga
tidak salah dalam memutuskan karir untuk masa depannya. Permasalahan yang
diungkap dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruhnya layanan bimbingan
kelompok dengan teknik diskusi terhadap pemantapan keputusan karir siswa?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap
pemantapan keputusan karir siswa kelas XI MA Miftakhul Huda Brakas. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI MA Miftakhul Huda Brakas dengan jumlah 116 siswa. Sampel penelitian yang
diambil adalah 36 siswa dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian skala pemantapan
keputusan karir dengan empat alternatif jawaban. Desain penelitian yang
digunakan adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan layanan
bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, menunjukkan adanya
pengaruh positif dan signifikan dari layanan bimbingan kelompok dengan teknik
problem solving terhadap pemantapan keputusan karir siswa kelas XI MA
Miftakhul Huda Brakas. Koefisien uji-t diketahui thitung lebih dari ttabel (4,75 >
2,04) dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5%. Peningkatan rata-rata
keputusan karier siswa kelas XI MA Miftakhul Huda Brakas dari sebelum
treatment adalah 68,61% dan sesudah treatment sebesar 85,38%. Sisanya 16,77%
ditentukan oleh faktor lain yaitu kondisi psikologi dan kondisi lingkungan. Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa “ ada pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik problem solving terhdap pemantapan keputusan karir
siswa kelas XI MA Miftakhul Huda Brakas. Saran yang peneliti dapat sampaikan
hendaknya guru pembimbing mampu memberikan layanan bimbingan kelompok
dengan sesuai permasalahan siswa dengan teknik problem solving kelompok
sehingga tujuan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem
solving dapat tercapai.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Problem
solving, Pemantapan Keputusan Karir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:20
Last Modified: 22 Mar 2024 07:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item
View Item