UPAYA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA SE-KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL

Niami, Diyan (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA SE-KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIYAN NIAMI 15210053.pdf] Text
DIYAN NIAMI 15210053.pdf

Download (4MB)

Abstract

DIYAN NIAMI. NPM 15210053.“Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA se-
Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal” Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Fakultas
Pendidikan
Ilmu
Pengetahuan
Sosial
dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang Tahun 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan yang
menunjukkan bahwa masih ditemukan kurangnya kemampuan berpikir kritis
siswa.Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi beberapa hal
diantaranya yaitu siswa masih kurang berperan aktif, tidak berani mengungkapkan
pendapat atau menjawab pertanyaan dari guru, kurangnya motivasi dari guru dan
pembelajaran lebih berpusat kepada guru.Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana upaya guru PPKn meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa di SMA se-Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal.Manfaat penelitian ini
bagi guru PPKn adalah mendapat informasi tentang upaya yang dilakukan dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan kendala yang dihadapi
sehingga dapat dijadikan dasar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa lebih lanjut.
Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian di SMA se-
Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Fokus penelitan ini adalah upaya guru
PPKn meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA se-Kecamatan
Weleri Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui
wawancara dan dokumentasi.Data yang terkumpul kemudian dilakukan analisis
data dengan tahapan reduksi data, penampilan data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn sudah mengupayakan
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan mengajar menggunakan
metode atau model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa, pembelajaran
dibuat dengan model diskusi, tanya jawab, bermain peran, sehingga pembelajaran
lebih difokuskan pada kegiatan siswa. Menayangkan video atau gambar yang
bersangkutan dengan materi yang sedang dibahas kemudian meminta siswa untuk
menanggapi.Memberikan tugas atau soal yang berbentuk analisis atau pendapat,
serta pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk merangkum atau
menyampaikan kesimpulan pembelajaran. Kendala yang dihadapi dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu kemampuan siswa yang
terbatas, siswa yang pasif, kurang pendekatan antara siswa dan guru, serta
terbatasnya alat penunjang seperti LCD yang belum ada disetiap kelas dan
kurangnya buku bacaan literasi yang menyangkut pembelajaran.
Kesimpulan: guru PPKn sudah mengupayakan untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa dengan berbagai cara yang dilakukan. Saranbagi
guru PPKn agar lebih meningkatkan kemampuan diri dan memperluas wawasan
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci : Upaya Guru PPKn, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:17
Last Modified: 22 Mar 2024 07:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item
View Item