UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI EKSPERIMEN OSMOSIS PADA ANAK KELOMPOK A DI POS PAUD KASIH BUNDA KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022

KEGSHI, NIKEN CONDRO (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI EKSPERIMEN OSMOSIS PADA ANAK KELOMPOK A DI POS PAUD KASIH BUNDA KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

NIKEN CONDRO KEGSHI. NPM 19156063. “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Sains Anak Melalui Eksperimen Osmosis Pada Anak Kelompok A
Di Pos Paud Kasih Bunda Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Ajaran
2021/2022”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
pengetahuan di bidang sains. Hal ini tersebut disebabkan kurang bervariasinya
guru dalam memilih media yang tepat dan tidak membosankan bagi anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya
meningkatkan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen osmosis?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan sains anak melalui metode eksperimen osmosis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 24 anak kelompok A di Pos Paud Kasih Bunda tahun pelajaran
2021/2022. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh
hasil peningkatan kemampuan sains anak pada siklus I dengan hasil sebesar
37,5% dan siklus II ada peningkatan signifikan menjadi 79,17% indikator kerja
tercapai. Hasil hipotesis yang berbunyi “melalui metode eksperimen osmosis
dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak”.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan sains
anak dapat ditingkatkan melalui eksperimen osmosis. Berdasarkan hasil penelitian
ini saran yang dapat disampaikan adalah guru sebagai orang tua di sekolah harus
banyak belajar mengembangkan kemampuan sains pada anak melalui metode
eksperimen agar menjadi guru yang profesional kreatif, menarik dan
menyenangkan bagi anak didiknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:16
Last Modified: 22 Mar 2024 07:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item
View Item