IPMAWATI, DIYAH (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (AFEKTIF, KOGNITIF, PSIKOMOTOR) MELALUI METODE DEMONSTRASI SUBTEMA 3 INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN 1 CABEANKUNTI KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DIYAH IPMAWATI 20126033.pdf
Download (4MB)
Abstract
DIYAH IPMAWATI, NPM 20126033 “Peningkatan Hasil Belajar Siswa (afektif,
kognitif dan psikomotor) Materi Melalui Metode Demonstrasi Subtema 3 Indahnya
Persatuan dan Kesatuan Negeriku pada siswa Kelas IV SDN 1 Cabeankunti
Kecamatan Kabupaten Boyolali” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.
Kata kunci : Hasil Belajar, aktifitas siswa, Model Demonstrasi, Membandingkan
siklus makhluk hidup
Hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Cabeankunti Kecamatan
Cepogo Kabupaten Boyolali pada materi membandingkan siklus makhluk hidup
masih rendah atau di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran
yang berlangsung di kelas lebih didominasi dengan pembelajaran yang berpusat
pada guru. Hal ini menyebabkan siswa tidak terlibat secara aktif dalam
pembelajaran, sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang memuaskan. Tujuan
yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana
peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa setelah melalui penerapan
pembelajaran demonstrasi pada kelas IV SD Negeri 1 Cabeankunti Kecamatan
Cepogo kabupaten Boyolali pada mata pelajaran IPA materi membandingkan siklus
makhluk hidup dan upaya pelestariannya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan melalui empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Cabeankunti Kecamatan Cepogo
Kabupaten Boyolali, dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki
dan 12 siswa perempuan. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan ini penulis
tentukan sebagai berikut: Siswa dinyatakan berhasil dalam pembelajaran yang
peneliti lakukan jika: (1) banyak siswa yang tuntas KKM ≥ 75% (KKM=65), (2)
banyak siswa dengan nilai aktivitas hasil observasi terhadap proses pembelajaran
mencapai ≥ 75% dari keseluruhan siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:15 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3669 |