UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA ANAK PADA PERMAINAN BALOK DI POS PAUD TUNAS HARAPAN JL. SRIKATON TIMUR NGALIYAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

CAHYANI, HASTI (2022) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA ANAK PADA PERMAINAN BALOK DI POS PAUD TUNAS HARAPAN JL. SRIKATON TIMUR NGALIYAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HASTI CAHYANI  18156146.pdf] Text
HASTI CAHYANI 18156146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasti Cahyani. NPM 18156146. “Upaya Meningkatkan Sikap Kerjasama
Anak Pada Permainan Balok di Pos Paud Tunas Harapan Jl. Srikaton
Timur Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendanya kemampuan bekerjasama
pada anak kelompok Bermaina Pos PAUD Tunas Harapan Semarang. Penelitian
tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama melalui
kegiatan bermain balok pada Kelompok Bermain Pos PAUD Tunas Harapan
Semarang. Permainan balok yang digunakan dibatasi pada bekerjasama membuat
bangunan toko makanan dan minuman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah anak didik kelompok Bermain Pos PAUD Tunas Harapan yang
berjumlah 6 anak. Obyek penelitian ini adalah kemampuan meningkatkan sikap
kerjasama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.
Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain balok yang
dilakukan melalui stimulasi meningkatkan sikap kerjasama. Tindakan tersebut
dapat meningkatkan kemampuan meningkatnya sikap kerjasama. Pada saat
dilakukan observasi pra tindakan, pada indikator meningkatkan sikap kerjasama
sebesar 0% masih menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan masih kurang dari
indikator keberhasilan yang ditentukan berada pada kriteria kurang sekali, pada
Siklus I indikator meningkatkan sikap kerjasama sebesar 33,3% menunjukkan
adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena
masih berada pada kriteria Mulai berkembang dan pada Siklus II indikator
meningkatkan sikap kerjasama sebesar 83,3%. Perolehan persentase pada Siklus
II menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam meningkatkan sikap kerjasama
anak Kelompok Bermain dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator
keberhasilan sebesar 75% dan pelaksanaan penelitian dihentikan. Secara umum
dapat disimpulkan bahwa media bermain balok dapat meningkatkan kemampuan
sikap kerjasama pada anak kelompok Bermain Pos PAUD Tunas Harapan
Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini rekomendasi yang dapat disampaikan
bahwa media bermain balok dapat meningkatkan sikap kerjasama anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:14
Last Modified: 22 Mar 2024 07:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item
View Item