NIA, DIYAH AYU (2022) PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA POP-UP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN SISWA KELAS III SDN SITIMULYO 01 KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
DIYAH AYU NIA. NPM 18120053. “Pengaruh Model Concept Sentence
Berbantu Media Pop-up terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana
pada Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Siswa Kelas III SDN Sitimulyo
01 Kabupaten Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Pembimbing 1 Asep
Ardiyanto, S.Pd., M.Or. Pembimbing II Drs. Kiswoyo, M.M. Agustus 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
keterampilan menulis karangan sederhana pada tema 2 menyayangi tumbuhan dan
hewan. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya minat belajar siswa terhadap
pembelajaran dan kurangnya antusias siswa saat proses pembelajaran
berlangsung. Tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui Pengaruh
Model Concept Sentence Berbantu Media Pop-up terhadap Keterampilan Menulis
Karangan Sederhana pada Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Siswa
Kelas III SDN Sitimulyo 01 Kabupaten Pati
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Model
Concept Sentence Berbantu Media Pop-up terhadap Keterampilan Menulis
Karangan Sederhana pada Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Siswa
Kelas III SDN Sitimulyo 01 Kabupaten Pati? tujuan pembelajaran ini yaitu untuk
mengetahui apakah ada pengaruh model Concept Setence berbantu media Pop-
Up terhadap keterampilan menulis karangan sederhana pada tema 2 menyayangi
tumbuhan dan hewan siswa kelas III SDN Sitimulyo 01 Kabupaten Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain
penelitian pre-eksperimental yaitu one group pretest-posttest sampel yang diambil
adalah seluruh siswa kelas III SDN Sitimulyo 01 sebanyak 20 siswa. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil pretest dan posttest
mengalami perbedaan. Rata-rata pretest 64,90 dan rata-rata posttest yaitu 85,80.
Pada saat pretest hanya ada 5 siswa yang tuntas dan 15 siswa lainnya belum tuntas
dengan ketuntasan belajar klasikal 25%. Setelah dilakukan posttest terdapat 19
siswa yang tuntas dan 1 siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan klasikan
95%. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji t satu sampel antara hasil belajar
pretest dan posttest diperoleh > , diperoleh sebesar 10,434
dan sebesar 2,021. Maka dapat media pop-up dikatan efektif terhadap
kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Sitimulyo 01.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah model
concept sentence terhadap keterampilan menulis karangan sederhana dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:13 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3666 |