FATHIN, HASNA NUR (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Hasna Nur Fathin 18120223.pdf
Download (1MB)
Abstract
HASNA NUR FATHIN. NPM 18120223 “Penerapan Pembelajaran
Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 17 Semarang”. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Dosen Pembimbing I Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd dan Dosen Pembimbing II
Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran
kemuhammadiyahan yang ada di SD Muhammadiyah 17 Semarang. SD
Muhammadiyah 17 Semarang menerapkan adanya pembelajaran kemuhammadiyahan
kepada seluruh siswa dengan maksud agar siswa mendapatkan ilmu tentang
kemuhammadiyahan secara mendetail.
Penelitian ini difokuskan untuk memahami bagaimana penerapan pembelajaran
kemuhammadiyahan didalam kelas, materi apa saja yang diberikan kepada siswa dan
manfaat yang diberikan kepada siswa melalui pembelajaran kemuhammadiyahan
tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui manfaat
serta tujuan diterapkannya pembelajaran kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 17
Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif
yang mengambarkan peristiwa atau fenomena dengan data-data yang berbentuk
informasi berupa deskripsi dari SD Muhammadiyah 17 Semarang. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil wawancara dan analisis angket menunjukan bahwa pelajaran
kemuhammadiyahan merupakan pelajaran yang menjelaskan tentang sejarah
muhammadiyah, organisasi muhammadiyah, gerakan muhammadiyah, lagu mars
muhammadiyah, biografi tokoh pejuang muhammadiyah, tapak suci, pejuang islam,
IPM, dan lain-lain. Pelajaran kemuhammadiyahan menjadi pelajaran ciri khusus bagi
sekolah dibawah naungan muhammadiyah mulai dari SD hingga perguruan tinggi.
Pelajaran ini diterapkan sesuai dengan ketentuan yayasan dan dibantu dengan buku
paket sesuai dengan materi perkelas, tak hanya itu pembelajaran kemuhammadiyahan
juga memiliki pembiasaan sebelum mulai KBM seperti menyayikan lagu mars sang
surya, membaca janji pelajar muhammadiyah, dan hafalan doa-doa pendek.
Manfaat diberikannya pelajaran kemuhammadiyahan kepada siswa kelas 3
sampai siswa kelas 6 adalah untuk menjadikan siswa paham betul dengan sejarah
berdirinya muhammadiyah, mulai dari tokoh hingga organisasi, pelajaran ini juga
mengajarkan siswa untuk berakhlak mulia, rajin sholat, serta rajin hafalan qur’an. Hasil
penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi pembelajaran agar kegiatan
pembelajaran dapat lebih direncanakan atau dipersiapkan dengan baik dan dalam
pelaksanaanya memberikan hasil yang maksimal sehingga tujuan dari pelajaran ini
dapat diterima dengan baik oleh seluruh siswa yang menerima pelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:12 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3662 |