KEEFEKTIFAN MODEL PERMAINAN LOMPAT RANJAU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS 5 SD N 03 GENENG KABUPATEN JEPARA

Ahmad, Edwin (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PERMAINAN LOMPAT RANJAU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS 5 SD N 03 GENENG KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Edwin Ahmad 15230119.pdf] Text
Edwin Ahmad 15230119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Edwin Ahmad, “Keefektifan model permainan lompat ranjau untuk
meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas 5 SD N 03
Geneng Kabupaten Jepara”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang tidak tertarik dengan
lompat jauh gaya jongkok karena siswa lebih suka olahraga yang sifatnya
permainan seperti bola voli, basket dan sepak bola. Selain itu kurangnya media
yang variatif dalam pengajaran lompat jauh gaya jongkok yang mengakibatkan
siswa lebih memilih cabang olahraga yang lain, sehingga proses pembelajaran
lompat jauh gaya jongkok berkurang. Akibat dari kendala-kendala tersebut pada
saat praktik atau penilaian hasil yang diperoleh tidak maksimal. Tujuan dari
penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana Keefektifan
Model Permainan Lompat Ranjau Untuk Meningkatkan Keterampilan Lompat
Jauh Gaya Jongkok.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif. Desain penelitian yang
digunakan adalah metode pre-eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri
03 Geneng yang berjumlah 15 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata pre test dalam
penelitian ini adalah 63,0. Kemudian terjadi peningkatan pada hasil post test yang
dilaksanakan setelah proses pembelajaran menggunakan model permainan lompat
ranjau yaitu 12,7.
Simpulan penelitian ini terdapat pengaruh dari penggunaan model
permainan lompat ranjau. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t-test yang
menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Maka dapat
disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya adanya efek model permainan lompat
ranjau efektif dalam meningkatkan hasil lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri 03 Geneng secara signifikan. Sehingga saran yang dapat
diberikan adalah diharapkan guru PJOK lebih variatif dalam model Latihan yang
digunakan untuk meningkatkan kemempuan belajar lompat jauh gaya jongkok.
Kata Kunci: Keefektifan, Lompat Ranjau, Lompat Jauh Gaya Jongko

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:11
Last Modified: 22 Mar 2024 07:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3661

Actions (login required)

View Item
View Item