PERAN GURU MATA PELAJARAN PPKn DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI SISWA DI SMP NEGERI 40 SEMARANG

WARDANA, PIUS ARDHIKA YOGA (2022) PERAN GURU MATA PELAJARAN PPKn DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI SISWA DI SMP NEGERI 40 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PIUS ARDHIKA YOGA WARDANA 16210021T.pdf] Text
PIUS ARDHIKA YOGA WARDANA 16210021T.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pius Ardhika Yoga Wardana “Peran Guru Mata Pelajaran PPKn Dalam
Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Bagi Siswa Di SMP Negeri 40 Kota
Semarang”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kebijakan pemerintah dalam mewujudkan
Profil Pelajar Pancasila sebagai kebijakan dan materi relative baru, maka perlu
mendapat perhatian dan pemahaman, oleh karenanya diperlukan kolaborasi, kerja
sama semua pihak termasuk para guru yang memiliki peran yang sangat strategis
dan penting dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. adapun permasalahan
dalam skripsi ini adalah Bagaimana Peran Guru Mata Pelajaran PPKn dalam
Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40
Semarang.
Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif,
dengan setting penelitian dilakukan di SMP N 40 Kota Semarang. Fokus
penelitian Peran Guru PPKn dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Dengan
indikator, Peran Guru mata pelajaran PPKn dalam mendidik, melatih dan menilai
peserta didik dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, memotivasi
peserta didik, Strategi dan Peran Guru, dan Faktor pendukung dan penghambat
Guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Sumber data berupa sumber
data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
langkah, pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PPKn dalam mewujudkan
Profil Pelajar Pancasila, sebagai berikut, sebagai guru telah melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan konsep berbasis proyek yang disebut dengan Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Guru telah memotivasi siswa dalam berbagai
bentuk, strategi guru dalam pemberian materi menggunakan pembelajaran
berdiferensiasi, yang bisa mengakomodir gaya belajar peserta didik, faktor
pendukung sarana dan prasarana dan juga pihak sekolah, dan faktor penghambat
koordinasi waktu dikarenakan jam mengajar setiap guru berbeda beda.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Sebagai Guru PPKn telah
melakukan perannya dengan baik.
Kata Kunci : Peran, Guru PPkn, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:08
Last Modified: 22 Mar 2024 07:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item
View Item