NABILAH, HASNA AKIFAH (2022) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATERI MENULIS TEKS PERSUASIF MELALUI MEDIA YOUTUBE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang minatnya siswa dalam
melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Minimnya fasilitas membuat
pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga siswa tidak dapat
menerima materi secara maksimal. Melihat kondisi seperti perlu adanya suatu
media pembelajaran tertentu untuk meningkatkan pembelajaran siswa terutama
pada materi menulis teks persuasif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah
Tahun Ajaran 2021/2022 media yang digunakan adalah youtube.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pembelajaran jarak jauh
materi menulis teks persuasif melalui media youtube mempengaruhi keefektifan
pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal
Tahun Ajaran 2021/2022? Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan
pembelajaran jarak jauh materi menulis teks persuasif melalui media youtube pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Ajaran
2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik
purposive sampling dengan populasi penelitian semua siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Pangkah, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII I sebagai kelas kontrol
dan VIII J sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data digunakan
menggunakan teknik tes dan nontes dengan teknik analisis data normalitas dan
homogenitas sebagai uji hipotesis.
Perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa didapatkan sig. (2-tailed)
sebesar 0,001 setelah itu dibandingkan dengan α 5%, maka dapat disimpulkan
bahwa sig. (2-tailed) < Alpha penelitian (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima
dan perhitungan uji hipotesis dengan α 1%, maka dapat disimpulkan bahwa sig.
(2-tailed) < Alpha penelitian (0,01), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari
analisis akhir yang dilakukan ditemukan pembelajaran menggunakan media
youtube efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasif.
Saran yang penulis sampaikan kepada guru dapat menggunakan media
youtube sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks persuasif supaya
tujuan pembelajaran dapat tercapai sedangkan saran untuk peserta didik yaitu
perbanyak untuk berlatih menulis teks persuasif.
Kata Kunci: keefektifan, media, menulis, persuasif, youtube.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:09 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3657 |