UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ADMINISTRASI UMUM PADA PESERTA DIDIK KELAS X BIDANG KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK N 1 PATI

Hayati, Nur (2022) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ADMINISTRASI UMUM PADA PESERTA DIDIK KELAS X BIDANG KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK N 1 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NUR HAYATI 18220016 .pdf] Text
NUR HAYATI 18220016 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nur Hayati “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Administrasi
Umum Pada Peserta Didik Kelas X Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran
di SMK N 1 Pati”. Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang., 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik
dalam bertanya, menjawab dan berpendapat sehingga berpengaruh pada prestasi
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan kepala sekolah,
upaya guru serta upaya peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Instrumen
pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi dan
dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman:
collection data, condensation data, display data, dan conclution
drawing/verification.
Hasil penelitian antara lain: Sekolah bekerjasama dengan DUDI (Dunia
Usaha Dunia Industri) sesuai dengan kompetensi keahlian BDP; Sekolah
menyelenggarakan akreditasi; Kepala sekolah memberikan pembinaan dan
pelatihan terhadap guru sesuai dengan bidang kompetensi yang diampu; Sekolah
melakukan evaluasi dan supervisi akademik kemudian melakukan tindak lanjut;
Guru mengikuti kegiatan diklat dan kegiatan IHT; Guru melakukan survey terhadap
peserta didik yang bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang akan
digunakan; Guru memberikan pelatihan, pembinaan serta motivasi terhadap peserta
didik agar memiliki rasa percaya diri dalam bertanya, menjawab dan berpendapat
didalam kelas; Guru menggunakan media digital seperti canva untuk melatih
ketramprilan peserta didik; Peserta didik mengikuti kegiatan pelatihan dan
pembinaan dalam kegiatan berwirausaha; Peserta didik mendengarkan serta
memahami materi yang dijelaskan oleh guru agar mampu menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh guru; Peserta didik berani bertanya, menjawab dan bertukar
pendapat agar mudah dalam penyelesaian masalah; Peserta didik mengerjakan dan
mengumpulkan tugas tepat waktu; Peserta didik selalu update jadwal webinar dan
pengumpulan tugas yang telah ditet

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:53
Last Modified: 22 Mar 2024 06:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3631

Actions (login required)

View Item
View Item