FEBRIANTI, VALENTINA (2022) ANALISIS MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDN 03 TUNGGAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
VALENTINA FEBRIANTI 18120045.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Valentina Febrianti. NPM 18120045. “Analisis Manajemen Sarana dan
Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SDN 03 Tunggak”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang.2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran di sekolah dasar terdapat beberapa faktor yang sangat
mempengaruhinya. Salah satu faktor adalah adanya sarana dan prasarana
pendidikan bagian yang penting dari sebuah lembaga pendidikan. Dengan adanya
manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik, maka semua fasilitas
pendidikan selalu dalam kondisi siap pakai pada saat dibutuhkan, sehingga proses
belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien dan tercapailah tujuan
pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kualitas pembelajaran di SDN 03
Tunggak masih sangat rendah, hal ini karena sarana dan prasarana yang ada di
sekolah tersebut tidak memadai. Hal ini dapat dilihat dari ruangan kepala sekolah,
guru dan tata usaha menjadi satu ruangan, perpustakan sekolah yang sudah tidak
terpakai lagi, tidak terdapat ruang laboratorium IPA, tidak ada ruang UKS, tidak
ada gudang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan
kondisi sarana dan prasarana di SDN 03 Tunggak, mengetahui dan
mendeskripsikan kualitas pembelajaran yang ada di SDN 03 Tunggak,
mengetahui dan mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di SDN 03 Tunggak, mengetahui
dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan
prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu
penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami
oleh subjek penelitian secara menyeluruh, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk
kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan
memanfaatkan berbagai metode ilmiah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sarana prasarana di SDN 03
Tunggak sudah cukup lengkap dan kondisinya cukup baik. Tetapi ada juga
kekurangan sarana prasarana dalam proses pembelajaran sehingga membuat
kualitas pembelajaran pun kurang berkualitas. Kualitas pembelajaran sudah
maksimal karena guru sudah menggunakan berbagai metode dan media
pembelajaran. Manajemen sarana dan prasarana sudah berjalan sesuai peraturan
yang telah ditetapkan. Faktor pendukung manajemen sarana prasarana adanya
kerja sama masyarakat dalam merawat sarana prasarana, mendapatkan bantuan
dari dana BOS dan hibah. Faktor penghambat kurangnya dana dan pengelolaan
siswa dalam meminjam sarpras.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah supaya
sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang mendukung untuk perawatan dan
penyimpanan sarana prasarana pendidikan yang telah dimiliki agar terawat dengan
baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:51 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3628 |