PENGARUH PEMBERIAN PR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SD N SENDANGGUWO 1 SEMARANG

APRILIANA, HANIKA PRATIWI (2022) PENGARUH PEMBERIAN PR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SD N SENDANGGUWO 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas UPGRIS Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

HANIKA PRATIWI APRILIANA. NPM 16120340. “Pengaruh Model
Pemberian PR Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Kayanya
Negeriku Kelas IV SD N Sendangguwo 01 Semarang”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI
Semarang. 2021. Ferina Agustini, S.Pd. M.Pd selaku pembimbing I dan Mila
Karmila, S.Pd, M.Pd, Agustus, 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran lebih dominan dilakukan oleh
guru dan keaktifan siswa kurang terlihat.Terdapat peserta didik yang kurang
antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga pasif dalam bertanya maupun
menjawab pertanyaan dari guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
“Adakah pengaruh pemberian pekerjaan rumah terhadap kemampuan kognitif
siswa pada tema kayanya negeriku kelas IV SD N Sendangguwo 1 Semarang?”.
Pekerjaan rumah merupakan tugas yang diberikan oleh guru yang dimaksudkan
untuk dikerjakan di luar jam sekolah. Pemberian pekerjaan rumah memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan dan belajar materi pelajaran tanpa
batasan waktu dan tempat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh
pemberian PR terhadap kemampuan kognitif siswa pada tema kayanya negeriku
kelas IV SD N Sendangguwo 1 Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan
adalah metode quasi experiment dengan desain non-equivalen. Penggunaan
metode quasi bertujuan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara
melibatkan kelompok kontrol disamping kelompok eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Sendangguwo 01 Semarang tahun ajaran
2020/2021Sampel yang digunakan dari penelitian ini adalah seluruh populasi kelas
IV yang terdapat di SD N Sendangguwo 01 Semarang dengan teknik simple
random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melaluites, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang
signifikan antara hasil posttest kelas IVA sebesar 94,2 sebagai kelas eksperimen
dengan hasil posttest kelas IVB sebesar 87,1 sebagai kelas kontrol. Hasil
perhitungan uji banding dua sampel menunjukkan bahwa sebesar 11,09
dengan sebesar 2,00575. Sehingga > , maka rataan kedua
sampel berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian
PR terhadap kemampuan kognitif siswa pada tema kayanya negeriku kelas IV SD
N Sendangguwo 01 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang didapatkan adalah supaya pemberian
PR dilakukan secara rutin untuk lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa guna
melatih daya pikir siswa dalam mengulang kembali pemahaman yang didapat dari
pembelajaran sebelumnya menjadi ingatan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:46
Last Modified: 22 Mar 2024 06:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item
View Item