PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL BETENGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD

ASIH, NUR AMALIA SEPTI (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL BETENGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NUR AMALIA SEPTI ASIH 17120312.pdf] Text
NUR AMALIA SEPTI ASIH 17120312.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

NUR AMALIA SEPTI ASIH. NPM 17120312. “Pengembangan Permainan
Tradisional Betengan Dengan Model Pembelajran Every One Is A Teacher Here
Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong Penelitian ini munculnya pandemi covid�19 yang megubah sistem pembalajaran yang semula tatap muka menjadi
pembelajaran jarak jauh (PJJ) Dengan kebjikan tersebut, mau tak mau keseharian
siswa akan banyak dengan gawainya, yang bisa jadi akan menambah dampak
negatif yang ada. Dampak tersebut tidak hanya pada perilaku, tapi juka bisa ke
psikologis siswa. Salah satu cara untuk mengolah sikap atau perilaku seseorang
adalah melalui pembelajaran berbasis budaya.
Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan
(RnD), dengan pendekatan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Namun demikian, penelitian dan
pengembangan ini dibatasi sampai pada tahap development.
Hasil penelitian menunjukaan bahwa Ai (rata-rata total validasi) untuk
aspek kelayakan isi pada skala 4,47 dalam kategori baik, aspek kebahasaan
mendapatkan rata-rata total validasi sebesar 3,75 dalam kategori cukup, aspek
kebahasaan mendapatkan rata-rata total validasi sebesar 3,89 dalam kategori
cukup, dan pada aspek kegrafikan, rata-rata total validasi yang diperoleh sebesar
4,00 dalam kategori baik. Dengan demikian Va produk pengembangan
mendapatkan skor 4,03 yang menunjukkan produk pengembangan dalam kategori
valid atau layak.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan guru dapat
memodifikasi pembelajaran yang menyenangkan dan pengembangan panduan
permainan tradisonal bentengan dalam pembelajaran, dengan model pembelajaran
everyone is a teacher here pada pembelajaran IPS kelas IV dapat
diimplementasikan sebagai inovasi pembelajaran. Buku panduan dalam bentuk
cetak ataupun elektronik ini mempermudah guru dalam pembelajaran serta
meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi, sehingga mencapai
hasil belajar yang lebih baik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:45
Last Modified: 22 Mar 2024 06:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item
View Item