ANALISIS BUKU CERITA LITTLE ABID TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB GERBANG MADU TANGKIS

HIDAYATI, ULIL (2022) ANALISIS BUKU CERITA LITTLE ABID TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB GERBANG MADU TANGKIS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ULIL HIDAYATI 17150031.pdf] Text
ULIL HIDAYATI 17150031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ULIL HIDAYATI. NPM 17150031. “Analisis Buku Cerita Little Abid
Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 3-4 Tahun Di KB Gerbang
Madu Tangkis”. Skripsi. Progran Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini Universitas PGRI Semarang. 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku cerita Little Abid
terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 3-4 tahun. Bahasa ekspresif
merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan bagi anak usia dini, karena
perkembangan bahasa adalah sarana anak untuk berkomunikasi dengan teman,
orang tua, dan guru. Tentunya bahasa ekspresif anak perlu distimulasi agar anak
dapat mengungkapkan perasaannya, keinginannya dengan disertai mimik muka,
intonasi, gerak tubuh baik berupa gerak tangan dan postur tubuh yang tepat, jelas,
dan sesuai. Selain itu anak juga dapat mengucapkan kata dan kalimat yang berarti
sesuai dengan tingkat usia perkembangan anak.
Pada penelitian ini peneliti mencoba untuk menganalisis buku cerita Little
Abid dipergunakan sebagai buku cerita pengantar pembelajaran setiap hari di KB
Gerbang Madu Tangkis, apakah efektif untuk mengembangkan kemampuan
bahasa ekspresif pada anak usia dini. Buku cerita Little Abid adalah buku cerita
bergambar dengan bahasa yang sangat sederhana isinya terdapat nilai-nilai
kehidupan yang dapat diterapkan sehari-hari.
Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dimana
peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sumber data dilakukan
secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi
(gabungan) analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian
kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti di KB
Gerbang Madu Tangkis, dapat disimpulkan bahwa anak-anak didik di KB
Gerbang Madu Tangkis memiliki kemampuan bahasa ekspresif yang baik
khususnya anak usia 3-4 tahun, karena sekolah menggunakan buku cerita pada
setiap harinya untuk mengawali pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:44
Last Modified: 22 Mar 2024 06:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3615

Actions (login required)

View Item
View Item