SURYANDARI, DIKHA (2022) ANALISIS WEB PORTAL RUMAH BELAJAR KEMENDIBUD PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
DIKHA SURYANDARI.NPM 17120245, “Analisis WEB Portal Rumah Belajar
Kemendikbud pada pembelajaran daring di sekolah dasar Kecamatan Kesesi
Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Sukamto,
S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Qoriati Mushafanah, S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pelaksanakan
pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik yang kurang
paham akan Teknologi yang ada sehingga guru memanfaatkan WEB Portal Rumah
Belajar sebagai alternative pembelajara.
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses
belajar mengajar pembelajaran daring kelas IV semester gasal tahun pelajaran
2020/2021 meliputi beberapa sekolah dasar meliputi : 1. SDN 01 Sidosari, 2. SDN
01 Ponolawen, 3. SDN 02 Srinahan, 4. SDN 02 Ponolawen, 5. SDN 02 Kesesi
dengan peserta didik yang tidak bisa mengikuti semua?, 2) Bagaimana dampak
pembelajaran jarak jauhkelas IV semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 bagi
guru, orang tua peserta didik, dan peserta didik pada SDN 01 Sidosari?. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses belajar
mengajar pembelajaran daring menggunakan WEB Portal Rumah Belajar bagi guru
untuk membantu mengaja peserta didik yang belum paham akan pembelajaran
daring dan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring menggunakan WEB
Portal Rumah Belajar untuk guru, dan peserta didik kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode
deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring menggunakan
WEB Portal Rumah Belajar kelas IV semester gasal tahun pelajaran 2020/2021
meliputi, penggunaan WEB Portal Rumah Belajar Kemendikbud pada
pembelajaran Daring di sekolah dasar pada ,SD Negeri 01 Ponolawen dan SD
Negeri 01 Sidosari menggunakan 2 fitur yang ada di WEB Portal Rumah belajar
yaitu fitur sumber belajar dan bank soal. Sedangkan di SD Negeri 02 Srinahan, SD
Negeri 02 Ponolawen, SD Negeri 02 Kesesi hanya menggunakan 1 fitur saja yang
ada di WEB Portal Rumah Belajar yaitu fitur sumber belajar. Untuk fitur yang lain
belum di gunakan di SD tersebut seperti Kelas Digital, Peta Budaya, Buku Sekolah
Elektronik, Laboratorium Maya, Pengembangan Guru, Wahana Jelajah Angkasa,
Dengan menggunakan WEB Portal dapat mencegah penularan/ penyebaran covid -
19.
Berdasarkan hasil penelitian penelitian ini saran yang dapat di sampaikan
adalah sekolah diharapkan dapat meningkatkan penerapan pembelajaran daring
dengan memberikan sarana yang dapat mempermudah peserta didik. Guru
diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan, tidak membuat
anak merasa terbebani akan melakukan pembelajaran daring. Peserta didik
diharapkan
anak
dapat
belajar
dengan
baik,
sungguh-sungguh
dengan
berkonsentrasi yang sama seperti melakukan pembelajaran di sekolah.Bagi
pembaca diharapkan dengan membaca skripsi ini mampu memahami bagaimana
proses pembelajaran daring menggunakan WEB Portal Rumah Belajar di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:43 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3614 |