PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN TEGALANDONG 01

AHSANI, HANIDAR RAHMA (2022) PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN TEGALANDONG 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

HANIDAR RAHMA AHSANI. NPM 18120195. “Pengaruh Media Pop-Up Book
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sdn Tegalandong 01”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I : Intan Rahmawati, S.Pd.,M.Pd. Dosen
Pembimbing II : Filia Prima Artharina, S.Pd.,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika
pada siswa Sekolah Dasar. Hal tersebut disebabkan kurangnya penerapan media pembelajaran
yang kreatif dan efektif dalam proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) apakah ada pengaruh penggunaan media
pop-up book terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN
Tegalandong 01? (2) apakah ketuntasan belajar siswa mencapai 70% dengan menggunakan
media pop-up book? (3) apakah ada perbedaan pretest dan posttest siswa dengan menggunakan
media pop-up book?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk
mengetahui apakah pengaruh dari penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan hasil
belajar pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang di kelas V
SDN Tegalandong 01. (2) untuk mengetahui apakah ketuntasan belajar siswa mencapai 70%
dengan menggunakan media pop-up book pada peserta didik kelas V SD Negeri Tegalandong
01. (3) untuk mengetahui apakah ada perbedaan siswa dengan menggunakan media pop-up book
pada peserta didik kelas V SD Negeri Tegalandong 01.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen kuantitatif
dan menggunakan desain penelitian Quasy Experimental Design. populasi yang digunakan
adalah seluruh sampel kelas V tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan data berdasarkan
pengamatan dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tanpa diberi perlakuan dan hasil
belajar dengan menggunakan media pop-up book mengalami perbedaan. Rata-rata hasil belajar
tanpa diberi perlakuan adalah 70 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai
78%. Rata-rata hasil belajar dengan menggunakan media pop-up book adalah 83,6 dengan
presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan media pop-up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V
SD Negeri Tegalandong 01.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:43
Last Modified: 22 Mar 2024 06:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item
View Item