KUMALASARI, NANDA DANTY (2022) ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KALICARI 01 SEMARANG DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peran orang tua
terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kalicari 01 Semarang pada
masa pandemi sudah berjalan dengan baik, tetapi belum terlaksana dengan
maksimal. Seperti kurangnya peran orang tua dalam membantu anak mengerjakan
tugas.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peran orang tua
terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kalicari 01 Semarang di masa
pandemi Covid-19. (2) apa saja kendala orang tua dalam memotivasi belajar siswa
kelas V SD Negeri Kalicari 01 Semarang di masa pandemi Covid-19. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap
motivasi belajar siswa V SD Negeri Kalicari 01 Semarang pada masa pandemi
Covid-19.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
mengambil data sesuai dengan fakta dilapangan. Data yang diperoleh dianalisis
dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data
menggunakan triangulasi data yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi,
subjek penelitian ini adalah guru kelas V, siswa kelas V dan orang tua kelas V di
SD Negeri Kalicari 01 Semarang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Orang Tua Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kalicari 01 Semarang di Masa Pandemi Covid�19 sudah berjalan dengan baik diketahui dari pengamatan observasi yang
dilakukan orang tua dalam penyebaran angket. Peran orang tua terhadap motivasi
belajar siswa kelas V SD Negeri Kalicari 01 Semarang di masa pandemi sudah
membantu anak dalam belajar dengan cukup baik dengan skor 60%, untuk
memberikan dorongan atau motivasi belajar sudah dilakukan dengan baik dengan
skor 80%, untuk memberikan fasilitas belajar anak sudah dilakukan dengan sangat
baik dengan skor 86%, dan untuk membimbing belajar anak sudah dilakukan
dengan baik dengan skor 73%. Peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa
kelas V sudah dilakukan dengan baik oleh orang tua maupun siswa. Guru dan
orang tua bekerja sama supaya terciptanya dorongan atau motivasi belajar dalam
diri siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disimpulkan adalah guru dan
orang tua diharapkan dapat bekerja sama dalam memberikan semangat, nasehat,
serta motivasi kepada anak dan menyediakan fasilitas penuh dalam mendukung
pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:42 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3612 |