ANALISIS LAGU GARUDA PANCASILA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PADA TK B TK KOSGORO KECAMATAN MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SARI, DIGNA MUKTI (2022) ANALISIS LAGU GARUDA PANCASILA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PADA TK B TK KOSGORO KECAMATAN MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Digna Mukti Sari 15150026.pdf] Text
Digna Mukti Sari 15150026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Digna Mukti Sari 15150026. “Analisis Lagu Garuda Pancasila Untuk Menumbuhkan
Karakter Pada TK B Kosgoro Kecamatan Mlonggo Jepara”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Dosen Pembimbing I: dan Dosen Pembimbing II: Agustus 2022.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya minat
peserta didik pada lagu nasional khususnya lagu Garuda Pancasila karena mengangap
bahwa lagu Garuda Pancasila tidak menarik dibandingan dengan lagu pop atau
dangdunt yang sering di dengarkan di lingkungan masyarakat. Selain itu menurunya
karakter pada diri peserta didik dapat dilihat dari observasi yang dilakukan oleh peneliti
yaitu banyaknya peserta didik yang belum memiliki tiga komponen karakter baik,
dibuktikan adanya perlakuan peserta didik yang sering mengantuk, bermain sendiri dan
menganggu teman saat pembelajaran tema negaraku dengan sub tema lambang negara
dan lagu Garuda Pancasila.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana penanaman lagu Garuda Pancasila untuk
menumbuhkan karakter pada TK B Kosgoro Kecamatan Mlonggo Jepara. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis lagu Garuda Pancasila dalam pembentukan karakter
pada TK B Kosgoro Kecamatan Mlonggo Jepara. Jenis penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif diskriptif. Setting penelitian ini adalah di TK B Kosgoro Kecamatan
Mlonggo Jepara. Data penelitian ini di peroleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data yaitu dari kepala sekolah, guru, orang tua murid dan peserta
didik.
Hasil penelitian ini adalah (1) lagu nasional sebagai media penanaman
pendidikan karakter dilihat dari makna yang terkandung di setiap lirik lagu Garuda
Pancasila yang dapat membentuk tiga komponen karakter yang baik pada peserta didik
di kelas B. (2) penanaman lagu nasional dilaksanakan di dalam kelas maupun diluar
kelas dengan cara menyanyikan lagu Garuda Pancasila di awal pembelajaran dan
menyampaikan makna yang terkandung di setiap lirik lagu Garuda Pancasila. Sehingga
peserta didik lebih termotivasi dan aktif saat pembelajaran dengan tema negaraku
dengan sub tema lambang negara dan lagu Garuda Pancasila terlihat banyaknya karakter
baik yang sudah nampak pada diri anak dapat dari hasil observasi.
.
berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh peneliti menyampaikan saran dan
evaluasi sebaiknya pendidik membiasakan peserta didik untuk menyanyikan lagu
nasional khususnya lagu Garuda Pancasila setiap hari sebelum pembelajaran dimulai
atau di masukan dalam proses pembelajaran secara terkonsep agar peserta didik mampu
memahami makna lirik lagu tersebut. Sehingga peserta didik termotivasi dan
bersemangat dalam pembelajaran, serta dapat mengamalkan tiga komponen karakter
yang baik di lingkungan manapun.
Kata kunci : Lagu Garuda Pancasila, tiga komponen karakter yang baik, metode
bernyanyi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:39
Last Modified: 22 Mar 2024 06:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3608

Actions (login required)

View Item
View Item