PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN UMUM DAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM PERMATASARI SEMARANG

AMALIA, VINA (2022) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN UMUM DAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM PERMATASARI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of VINA AMALIA 18156133.pdf] Text
VINA AMALIA 18156133.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

VINA AMALIA, NPM 18156133 “Penggunaan metode pembelajran
eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar pengetahuan unum sains anak usia
5-6 tahun di TK Islam Permatasari” Penelitian Tindakan Kelas Program Study
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. dan
Pembimbing II Dwi Prasetiyawati DH, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang ada di sekolah yaitu
terdapat beberapa anak yang belum mencapai tingkat perkembangan kognitif pada
aspek pengetahuan umum dan sains khususnya yang berkenaan dengan aktivitas
yang bersikap eksploratif atau penyelidikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode
pembelajaran eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar pengetahuan umum
dan sains anak usia 5-6 tahun. Untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan
umum dan sains dalam segi kognitif anak dalam pembelajaran sains dengan
penerapan metode pembelajaran eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar
pengetahuan umum dan sains pada anak kelompok B TK Islam Permatasari.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dan
desain penelitian menggunakan pre- eksperimen dan post-eksperimen. Sampel
pada penelitian ini berjumlah 20 anak dengan menggunakan teknik purposive
sampling sedangkan teknik analasis data yang digunakan adalah dokumentasi.
Hasil penelitian membuktikan bahwa metode pembelajaran eksperimen
dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan umum dan sains anak usia 5-6
tahun.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
harus mampu memberikan pembelajaran yang kreatif, bervariasi, menarik dan
menyenangkan bagi anak serta berbasis pada sains yang dapat meningkatkan
pengetahuan umum anak usia 5-6 tahun di TK Islam Permatasari, yang dapat
mendekatkan anak dengan alam sehingga kecerdasan naturalis anak dapat
berkembang secara optimal.
Kata kunci: Eksperimen, Sains, Anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:38
Last Modified: 22 Mar 2024 06:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item
View Item